Mutiara Di Ujung Utara Natuna

Pantai Sisi

Pantai yang terletak di Pulau Serasan, Kecamatan Serasan ini memiliki panjang lebih kurang 8 km, pasir putih tampak berkilauan jika terkena pancaran sinar matahari. Untuk mencapai pantai sisi dapat melalui beberapa alternatif pintu masuk antara lain dari pelabuhan selat Lampa menggunakan KM. Bukit Raya dengan tujuan Serasan atau dengan menggunakan kapal perintis dari pelabuhan penagi.

Midai

Kecamatan Midai merupakan kecamatan yang berada dalam gugusan pulau Bunguran di Kabupaten Natuna. Kecamatan Midai memiliki luas daratan 50 kilometer persegi memiliki berbagai objek wisata pantai dengan pasir putihnya, yaitu Pantai Suak Besar, Pantai Tanjung Kapal, Pantai Air Putih, Pantai Tanjung Manjin. Untuk mencapai Midai dapat melalui beberapa alternatif, pintu masuk pertama adalah pelabuhan Selat Lampa menggunakan KM. Bukit Raya dengan tujuan Midai. Cara kedua dengan menggunakan Kapal Perintis dari pelabuhan Penagi.

Kerajinan Khas

Kerajinan anyaman merupakan khas dari Natuna. Anyaman Natuna mempunyai ciri khas yang bisa dilihat dari motif anyaman. Permainan gasing merupakan permainan rakyat Natuna yang sudah membudaya. Permainan gasing ini biasanya diperlombakan antar kelompok permainan.

Peninggalan Sejarah Bandara Udara

Di Pulau Subi terdapat peninggalan dari penjajah Jepang sebuah bandar udara yang sudah tidak terpakai. Panjang landasan pacu kurang lebih 1 kilometer. Di Subi juga terdapat prasasti yang disebut masyarakat sekitar dengan Bukit Lampu. Prasasti ini sebagai tanda salah satu pulau terluar dari wilayah Republik Indonesia.

Gedung Nik Manang

Konon di tempat ini jika ada penduduk yang mempunyai hajat acara pernikahan, dan memerlukan peralatan rumah tangga, dapat meminjam piring sendok gelas dan lain lain di Gedung Nik Manang. Setiap barang yang dipinjam wajib dikembalikan, namun lama kelamaan ada penduduk yang meminjam dan tidak dikembalikan, maka sampai saat ini tidak dapat meminjam peralatan lagi.

Pulau Laut

Kecamatan Pulau Laut terletak paling utara dari wilayah Indonesia, di mana Pulau Sekatung yang masuk ke dalam wilayah Pulau Laut merupakan pulau terluar wilayah Indonesia. Kealamian alam Pulau Laut terlihat jelas dan masih bisa kita rasakan serta nikmati. Pantainya yang berpasir putih begitu indah dan bersih. Untuk menuju Pulau Laut dapat ditempuh dengan menggunakan kapal perintis atau juga dengan menyewa pompong.

Pantai Pasir Marus

Pantai Pasir Marus berada di Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, luas pantai kurang lebih 500 meter persegi. Pasir putih dan air yang sangat jernih sangat menawan. Saat ini Pantai Pasir Marus menjadi objek wisata primadona bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Sedanau. Pantai yang landai dan tidak terlalu dalam cukup aman bagi anak-anak maupun orang dewasa yang mandi berenang serta menyelam. Lokasi pantai dapat dicapai dengan kendaraan roda dua selama 10 menit dari kota Sedanau atau dengan jalan kaki sambil melihat suasana ramah masyarakat di sepanjang jalan menuju pantai.

Keramat Binjai

Keramat Binjai terletak dekat dengan pelabuhan Binjai. Menuju lokasi dengan menggunakan pompong selama 15 menit. Keramat Binjai merupakan peninggalan bersejarah. Lokasinya sangat menarik untuk dikunjungi, sebuah pulau kecil di tengah sungai dan di pulau tersebut terdapat bangunan keramat.

Pulau Pasir

Terletak di Kecamatan Bunguran Barat, dikelilingi oleh pasir putih, saat air kering pasir akan timbul, dan memanjang sejauh 2 kilometer yang menghubungkan dengan pulau Serungos, dari pelabuhan Binjai dapat menggunakan pompong selama 45 menit dapat juga dari pelabuhan Sedanau.

Hampir di seluruh pulau kecil dan pulau besar yang tersebar di seluruh Kabupaten Natuna memiliki terumbu karang yang baik dan indah. Beragam biota lautnya berkembang biak dengan baik. Perairan Pulau Tiga memiliki objek yang sangat berpotensi, terumbu karang yang indah, serta pantai yang indah.

Pulau Setanau

Pulau Setanau berada di Kecamatan Pulau Tiga, memiliki luas pulau lebih kurang 4 hektar. Dari pelabuhan selat Lampa ke Pulau Setanau cukup dengan menyeberang menggunakan kapal pompong atau angkutan air lainnya selama 15 menit. Kawasan pulau ini sangat cocok untuk memancing, mandi berjemur, dan menyelam menikmati terumbu karang. (Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Natuna 2009)

6123 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Ivanov June 22, 2013

Leave a Reply