Napabale, Danau Indah Berair Asin Di Muna, Sulawesi Tenggara

Berkunjung ke Sulawesi Tenggara, terutama ke Kabupaten Muna, objek wisata yang bisa dikunjungi adalah Danau Napabale. Danau Napabale selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, juga memiliki kekhasan tersendiri, yaitu airnya yang asin. Air asin ini terjadi karena Danau Napabale terhubung dengan Laut Napabale melalui sebuah terowongal alam yang mengakibatkan air laut masuk ke dalam danau. Jadi, bukan sesuatu yang aneh ya, kalau air danaunya asin.

Pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar Danau Napabale ini terutama karena posisinya yang berada di sekitar kaki bukit, sehingga pepohonan rindang yang ada di bukit membuat suasana menjadi sejuk dan rindang. Dari Kota Raha, Kabupaten Muna, perlu berkendara sekitar 15 kilometer menuju Desa Korihi.

Bagi masyarakat lokal, Danau Napabale menjadi lintasan mereka jika hendak menuju laut, melewati terowongan yang menghubungkannya. Dalam keadaan surut, tinggi air danau hanya sekitar 1,5 meter saja. Dalam keadaan pasang, bisa mencapai 5 meter. Di sekitar danau, banyak terdapat daun pandan muda tumbuh. Selain Danau Napabale, di Kabupaten Muna juga terdapat sebuah situs purba berupa gua yang terdapat di atas bukit dan di dalamnya terdapat lukisan manusia purba. (Sumber gambar: IndonesianBeach)

6215 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply