Nasi Jamblang, Nasi Bungkus Daun Jati Ala Cirebon

Jalan-jalan ke Cirebon tanpa menikmati nasi jamblang rasanya kurang lengkap. Nasi jamblang merupakan nasi putih yang dibungkus daun jati dengan seabrek lauk-pauk. Nasi Jamblang merupakan makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi.

Nasi jamblang ini akan dengan mudah ditemui di setiap sudut kota. Berdasarkan data dari buku kuliner khas Cirebon, ada sekitar 300 penjual nasi jamblang. Ada yang dijual di warung tenda, dijual secara keliling ke rumah-rumah warga, dan tak sedikit pula yang berbentuk rumah makan. Penyajian nasi jamblang pun bersifat prasmanan. Menu yang tersedia antara lain semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, sambal goreng, tahu sayur, paru-paru, semur ikan, ikan asin, tahu dan tempe serta tidak ketinggalan ‘blakutak’, sejenis cumi-cumi yang dimasak bersama tintanya.

nasi jamblang

Nasi jamblang pertama kali di jual setelah penjajahan Jepang pada tahun 1946 di stasiun kereta api Perujakan, Cirebon oleh Patanah binti Kyai Sutara Sidapuna dan di teruskan kepada putrinya, Tatin Haitin. Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda yang sedang membangun jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Nasi Jamblang saat itu dibungkus dengan daun jati, mengingat bila dibungkus dengan daun pisang kurang tahan lama sedangkan jika dengan daun jati bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.

Sentra makanan nasi jamblang di Kota Cirebon saat ini terletak di wilayah Gunung Sari, sekitar Grage Mall. Warung ini buka 24 jam. Walaupun menunya sangat beraneka ragam, namun harga nasi jamblang relatif murah. Karena pada awalnya makanan tersebut diperuntukan bagi pekerja buruh kasar di pelabuhan dan kuli angkut di jalan pekalipan.

4258 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. fanny fristhika nila April 27, 2015

Leave a Reply