Ngintip Penyu Bertelur Di Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Perjalanan wisata masih sekitar Jawa Barat, kali ini di Sukabumi. Artikel ini akan membahas seputar pantai yang berada di Sukabumi, tepatnya pantai Ujung Genteng. Pantai ini cukup jauh dari sukabumi, dari kota saja bisa menempuh lebih dari 2 jam dengan kendaraan pribadi ke arah selatan. Jalan yang sudah baik memudahkan anda dalam perjalanan. Tentu juga anda akan disajikan keindahan alam sepanjang perjalanan. Hamparan sawah, kebun-kebun, akan menemani perjalanan anda yang semakin menyenangkan.

Pantai Ujung Genteng memiliki pasir yang putih. Daya tarik lain adalah banyaknya fauna laut yang memang telah dijadikan ciri khas pantai ini. Dengan dukungan pemerintah setempat, banyak penangkaran disekitar daerah pantai. Jangan heran anda masih bisa melihat penyu yang tidak disemua pantai bisa anda lihat. Ya, masih banyak penyu hijau yang bisa anda lihat, dan juga ada lobster, udang, dan masih banyak jenis ikan yang bisa anda santap dan nikmati. Selain itu, banyak peselancar yang menikmati ombak pantai ini karena ada satu bagian pantai yang ombaknya cukup besar. Tapi anda jangan khawatir, ombak besar tidak disemua pantai. Karena jauh di tengah pantai ada gugusan batu karang, hal ini cocok untuk keluarga anda bermain air di pantai.

Tidak hanya itu, masyarakat sekitar adalah nelayan dan pembuat gula dari kelapa. Sehingga selain anda menikmati bermain air, ada pembuatan gula kelapa yang sederhana yang banyak anda temukan di Pantai Ujung Genteng. Penginapan juga cukup banyak di sekitar pantai ini, tentu untuk sebuah villa harganya cukup mahal daripada untuk sebuah penginapan murah di rumah-rumah warga. Harga sewa permalam di villa cukup mahal namun sangat nyaman dengan fasilitas seperti di hotel. Ada beberapa villa yang bisa dijadikan referensi di sini:

1. VILLA PENYU, kapasitas hingga 6 orang, dengan ruang tamu, 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi serta TV. Harga pasaran Rp 500.000,-.

2. VILLA TENGGIRI, kapasitas hingga 6 orang, dengan ruang tamu, TV, kulkas kecil, 2 kamar mandi dan 2 kamar tidur. Harga pasaran Rp 800.000,-.

3. VILLA MARLINE, ruang tamu, 2 kamar tidur double bed dan 2 kamar mandi, ruang makan, dapur, TV serta kulkas kecil. Harga pasaran Rp 1.000.000,-.

Atau anda bisa mencari losmen seperti Losmen Batu Besar yang lebih murah daripada villa diatas. Harga menginap biasanya berkisar Rp 500.000 termasuk AC, 4 single bed, untuk yang berkipas angin dengan 4 single bed berkisar Rp 440.000, AC double room berkisar Rp 260.000. Atau anda bisa menginap yang lebih murah di rumah penduduk di lokasi kampung Cibuaya, desa Kelapa Condong.

Dengan beragam penginapan setidaknya anda tidak perlu jauh-jauh menginap di Kota Sukabumi untuk jarak tempuh yang jauh agar sampai di Pantai Ujung Genteng. Di Ujung Genteng, tidak hanya pantai yang bisa anda nikmati. Adanya air terjun yang berdaya arusnya rendah bisa dinikmati berenang jika anda takut untuk berenang di pantai yang memang ombak tingginya lebih cocok untuk berselancar.

Anda bisa mengakses pantai ini langsung dari Jakarta, menyewa minibus, mobil rental, atau jika memang berwisata dengan bis besar ramai-ramai seperti kegiatan sekolah atau kampus, anda bisa menyewa bis untuk sampai ke Pantai Ujung Genteng. Nikmati penangkaran penyu, adanya gula kelapa, air terjun hingga ombak pasir putih khas Sukabumi. (him)

2807 Total Views 17 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply