Nikmati Keindahan Air Terjun Suhom

Jalan-jalan ke Aceh tidak lengkap bila Anda belum jalan-jalan ke Air Terjun Suhom. Tidak salah memang kalau Air Terjun Suhom menjadi tujuan wisata utama di Aceh Besar. Lokasinya berada di tengah panorama alam yang indah dan alami. Tidak hanya itu, di sekitar air terjun juga terdapat banyak pohon durian, pada musim durian akan muncul banyak penjual durian di sekitar air terjun itu. Sambil menikmati manisnya daging yang membungkus biji durian, Anda bisa menikmati panorama Air Terjun Suhom.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, Anda memerlukan waktu kurang lebih satu jam dengan menggunakan angkutan umum. Perjalanan akan melalui rute Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga, dan Kecamatan Leupung. Air Terjun Suhom tepatnya berada di Desa Suhom dan Desa Kreung Kala, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Sepanjang perjalanan dari Banda Aceh menuju ke Air Terjun Suhom, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Deburan ombak dan pasir putih terlihat dekat di sepanjang jalan, dan juga barisan pegunungan yang tinggi dan indah. Ini menjadi pembuka perjalanan Anda sebelum sampai di Air Terjun Suhom.

Selain sebagai obyek wisata, Air Terjun Suhom juga menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar Desa Kreung Kala. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 kepala keluarga Desa Kreung Kala.

Di sekitar Air Terjun Suhom memang belum tersedia penginapan untuk wisatawan. Tetapi Anda bisa mendirikan tenda bersama teman-teman dan bisa bermalam di sekitar Air Terjun Suhom. Anda bisa menyatu dengan alam sambil bercengkerama mengelilingi api unggun sembari mendengar suara air yang turun dari Air Terjun Suhom di malam hari.

2737 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply