Objek Wisata Di Kabupaten Lombok Tengah [1]

Lombok Tengah beribukota di Praya, memiliki motto Tatas (berwawasan luas), Tuhu (kerja keras) dan Trasna (cinta kasih). Merupakan salah satu tujuan wisata di Nusa Tenggara Barat yang memiliki keindahan alam dan pemandangan memukau, dengan paduan budaya dan ritual adat yang kental, serta seni, kerajinan, ritual dan upacara adat yang khas. Beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Lombok Tengah antara lain:

1. Pantai Mandalika Kuta

Memiliki pemandangan indah dan alami, terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, kurang lebih 27 kilometer ke arah selatan dari Kota Praya, ibukota Lombok Tengah. Pesona utama dari Pantai Mandalika Kuta ini adalah airnya yang bening dan memiliki beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang bisa ditemukan jika kita melakukan penyelaman. Bisa dibilang, pantai ini adalah surganya para penyelam. Tak hanya itu saja, banyak yang berjemur di pantai ini.

Fasilitas lengkap bisa ditemukan, mulai dari penginapan dengan budget rendah, bungalow, sampai dengan hotel dengan tarif mahal tersedia dan mudah ditemukan. Restoran dan pemandu surfing juga ada.

Gili Air Lombok Di Pagi Hari

2. Pantai Aan

Letaknya tidak jauh dari Pantai Mandalika Kuta. Ini berarti, bisa satu arah jika hendak berkunjung ke sana. Bergeser kurang lebih sejauh 3 kilometer saja ke arah timur dari Pantai Mandalika Kuta. Dengan suasana alam yang indah dan ombak yang tenang, wisatawan dapat berenang dan memancing adalah salah satu kegiatan yang paling diminati di objek wisata ini.

Dengan pasir putih yang bulirannya besar seperti merica, wisatawan juga sering kali hanya bersantai sambil berjemur di Pantai Aan. Sayangnya, fasilitas belum selengkap Pantai Mandalika Kuta, sehingga jika ingin menginap, sebaiknya di pantai tetangganya itu saja, ya.

3. Teluk Gerupuk

Karena lokasinya di Desa Gerupuk, sekitar 9 kilometer ke arah timur dari Pantai Mandalika Kuta, makanya teluk ini disebut dengan nama Teluk Gerupuk. Teluk Gerupuk ini terkenal sebagai lokasi surfing terbaik, karena memiliki ombak yang besar sepanjang tahun. Masyarakat sekitar banyak menyewakan peralatan surfing bagi yang ingin belajar bisa juga.

Fasilitas lengkap ada di Teluk Gerupuk ini, baik penginapan maupun restoran. Masyarakat setempat kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan pembudidaya rumput laut. Sebagian lagi memiliki bagan apung dan keramba untuk memelihara ikan.

4. Pantai Mawun

Suasana alamnya menakjubkan, dengan teluk berbentuk bulan bulat penuh dan hamparan pasir putihnya menjorok ke laut, sungguh indah! Letaknya di desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. DariĀ  Praya memiliki jarak sekitar 39 kilometer ke arah selatan. Hampir semua aktifitas di laut bisa dilakukan di Pantai Mawun, mulai dari berenang, menyelam, snorkeling, sampai berjemur.

5. Pantai Selong Belanak

Salah satu keindahan yang bisa disaksikan di Pantai Selong Belanak adalah tertambatnya perahu berwarna-warni milik nelayan. Lokasinya di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Kurang lebih sejauh 34 kilometer dari Kota Praya. Yang tak kalah indahnya adalah pantai ini memiliki pasir putih yang sangat berkilau, terutama ketika ditimpa sinar matahari.

Di pagi hari, kita bisa menunggu para nelayan menambatkan perahunya dan membongkar ikan. Jika ingin menikmati ikan laut untuk dipanggang, kita bisa membeli ikan segar hasil tangkapan para nelayan.

6. Pantai Mawi

Lokasinya di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Kota Praya berjarak kurang lebih 36 kilometer. Pantai Mawi terkenal dengan deburan ombaknya yang membubung tinggi, sehingga dijadikan lokasi favorit para peselancar profesional.

Bagi yang menginginkan ketenangan, sangat cocok berwisata ke Pantai Mawi, karena pemandangan dan panorama alam sekitarnya masih sangat alami.

Bersambung ya, ke bagian [2].

5630 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply