Objek Wisata Mata Air Cokro Tulung Klaten

Objek Wisata Mata Air Cokro Tulung Klaten

November 7th, 2010 dalam kategori Jawa Tengah ditulis oleh 2 Comments | 4,243 kali dibaca |

Bila kita berada di daerah Jawa Tengah, jangan lupa berkunjung ke Kabupaten Klaten. Ya. Di Kabupaten Klaten ada objek wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi. Namanya Wisata Tirta, yang lokasinya di Umbul Cokro Tulung. Bagi Kabupaten Klaten, objek wisata tersebut memberi sumbangan penting bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jika diperhatikan, objek wisata Umbul Cokro Tulung yang ada di bagian utara Kabupaten Klaten memiliki kelebihan dibandingkan objek wisata tirta lainnya . Debit air yang tinggi sekitar 1500 liter detik, ternyata mampu memberikan kehidupan bagi ribuan orang di daerah setempat. Air bersih yang memiliki kandungan mineral tinggi itu, selain dimanfaatkan para petani untuk mengairi tanah persawahan juga dimanfaatkan oleh perusahaan air minum kemasan yang didistribusikan di Jawa Tengah.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Jawa Tengah mengembangkan objek wisata tersebut sejak tahun 2008. Dan sekarang telah menampakkan hasil yang nyata. Kawasan kuliner yang dibangun di tempat yang sejuk dan indah ini, menyediakan masakan dari ikan air tawar dan makanan ringan lainnya. Selain itu, kawasan camping ground yang dikembangkan diharapkan mampu menjadikan objek wisata mata air Cokro sebagai wisata edukasi.

Objek tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melihat dan mempelajari proses terjadinya proses arus listrik, dengan memanjatkan derasnya aliran air yang dikemas dalam sebuah bentuk mikro hidro. Dengan memanfaatkan debit air yang sangat tinggi, kawasan ini mampu menghidupkan diri dalam hal supply listrik. Rangkaian mikro hidro yang berkekuatan 44 KVA telah terpasang, sehingga kebutuhan listrik di kawasan tersebut dapat dipenuhi.

Leave a Reply