Oleh Oleh Khas Surabaya

Apa saja yang masuk ke dalam daftar makanan oleh-oleh khas Surabaya? Kalau mau ditulis, pasti sangatlah banyak. Tapi saya akan mencoba memberikan contoh beberapa saja. Makanan kecil khas Surabaya bisa dibeli di toko oleh-oleh yang tersebar di Bandara Juanda. Ada salah satu toko favorit saya, Bogajaya. Ini dia yang saya beli ketika berkunjung ke Surabaya:

Lapis Surabaya

Lapis Surabaya Boyya

Namanya juga kue lapis, pasti bentuknya berlapis. Dengan bahan dasar telur, membuat kue lapis surabaya ini sangat lembut dan enak. Harganya sih sekitar Rp. 200.000,- an, saya lupa tepatnya.

Lidah Asap

Lidah Asap Sariana

Buat yang hobi masak, lidah asap adalah pilihan yang tepat. Karena sudah diawetkan, lidah asap ini mampu bertahan agak lama disimpan di rumah. Bisa dijadikan macam-macam masakan seperti tumis cabe hijau. Hmmm, sedap!

Bandeng Asap

Bandeng Asap

Karena Surabaya secara posisi berdekatan dengan Sidoarjo dan beberapa kota lain seperti Lamongan yang penduduknya banyak bermatapencaharian sebagai nelayan dan petambak, maka tak heran jika banyak makanan yang terbuat dari olahan ikan. Salah satunya adalah bandeng asap seperti ini.

Bandeng Duri Lunak

Bandeng Duri Lunak

Sama seperti di atas, ini juga salah satu olahan dari Bandeng, ikan yang begitu populer di Sidoarjo. Hanya saja ini diolah menjadi duri lunak, tidak diasap.

Pia Mangkok Khas Malang

Pia Mankok Khas Malang

Yang ini juga bukan khas Surabaya banget, tapi dari kota di sebelahnya: Malang. Namanya pia, kue berisi kacang hijau, keju atau coklat.

Kripik Paru

Kripik Paru Khas Malang

Dari Malang, Jawa Timur, juga dihasilkan kripik paru sebagai makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh.

24541 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. nurhestina March 5, 2013

Leave a Reply