Pacu Itik, Balapan Menarik Dari Payakumbuh

Kalau sudah sering mendengar tentang Karapan Sapi di Pulau Madura, itu sudah biasa. Tetapi ada “pacuan” yang berbeda di Sumatera Barat, khususnya di Payakumbuh. Namanya Pacu Itik. Ya, hewan unggas yang juga dikenal dengan nama bebek ini sungguh menarik untuk diadu kemampuan terbangnya. Pemilik itik akan melemparkan itiknya ke udara dan si itik akan terbang sejauh-jauhnya yang dapat dicapai. Jaraknya bisa berkisar dari 200 hingga 500 meter lho…

Bebek atau itik, biasanya sering kita lihat di area persawahan. Mereka akan berbaris rapi mengikuti arahan tuannya menuju lokasi tertentu. Dengan hanya berbekal sebuah kayu panjang, penggembala bebek akan dengan mudah mengarahkan hewan peliharaannya tersebut menyusuri jalanan.

Dalam permainan Pacu Itik, yang dilakukan bukan dengan melepas itik di daratan. Permainan ini kabarnya berawal dari daerah persawahan di Sumatera Barat yang pada umumnya adalah bertingkat. Bukan seperti di daerah Jawa yang areal pertaniannya landai. Sehingga, dalam menghalau itiknya, para petani di Kanagarian Aur Kuning, Sicincin, Payakumbuh, Sumatera Barat sering membuat itiknya “terbang” dari sawah di tingkatan atasnya, turun ke sawah di tingkatan bawahnya. Kejadian seperti itulah yang mengawali diadakannya perlombaan Pacu Itik.

Kini, petani melatih itik-itik mereka agar dapat terbang sejauh mungkin. Dan Pacu Itik bisa menjadi salah satu tujuan wisata bagi Anda yang akan merencanakan jalan-jalan ke Payakumbuh, Sumatera Barat. Kegiatan ini biasanya diadakan pada saat hari besar seperti menjelang puasa, lebaran atau lebaran haji.

Lomba Pacu Itik diikuti oleh 8 ekor itik dalam satu kali pacuan. Jarak yang harus ditempuh adalah 800 meter. Tak hanya jarak 800 meter, ada juga jarak 1.600 meter dan 2.000 meter. (Hmmm, jauh juga ya, Cyyiin!) Dan seperti lomba lari, siapa yang lebih cepat sampai, berarti dialah yang menang. Nggak hanya Pacu Itik saja yang bisa Anda saksikan, karena acara ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni seperti Talempong. (Gambar dari MentawaiParadise)

 

8715 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply