Pantai Kukup, Basah-Basahan Dan Senang-Senang

Ke pantai? Ke kukup aja. Ya, banyak slogan lokal yang beredar untuk mengembangkan kuantitas wisatawan datang ke tempat wisata mereka. Seperti di Wonosari, Bantul, Jogjakarta. Daerah selatan Kota Jogjakarta memang banyak menyuguhkan dunia pantai. Bahkan jika anda cermati terlalu banyak pantai di sini. Sehingga jika anda berlibur ke kota Jogja, tidaklah lengkap jika tidak mengunjungi pantainya. Selain cantik, berpasir putih atau gelap, ombak yang ganas bahkan sampai yang tenang, anda disuguhi beragam kenikmatan indahnya pemandangan laut yang tentram.

Pantai kukup ini dapat anda akses dengan lebih dulu mengunjungi Kota Jogjakarta. Kemudian anda cukup menempuh waktu satu sampai tiga jam untuk sampai ke pantai Kukup. Jika anda berada disekitar Jogja, lebih mudah mengaksesnya langsung dengan kendaraan bermotor tanpa harus menginap di Jogja. Namun jika anda dari luar kota, apalagi jauh, lebih baik menginap dulu, kemudian merental mobil dengan kisaran harga antara Rp 250.000 sampai Rp 500.000 per hari, tergantung jenis mobil yang disewa. Cukup murah jika anda berniat tidak menginap di hotel berbintang yang mahal. Anda perlu hati-hati walaupun jalannya sudah beraspal, jalan berkelok-kelok dan naik turun serta sempit ini masih menjadi kendala untuk bisa berkendara mulus sampai ke Pantai Kukup.

Pantai Kukup berbeda dari pantai lainnya di Wonosari, karena pantai ini memiliki beberapa batu karang raksasa sebagai pemecah ombak sehingga pantai ini sangat aman untuk menjadi wisata keluarga. Anda bisa berenang, ataupun membuat istana pasir. Ada satu lagi yang membuat keindahan pantai Kukup lebih indah dibandingkan pantai yang lain. Ya, selain ada batu karang pemecah ombak yang besar, di sini, ada sebuah gardu pandang. Apa itu? Sebuah karang yang terhubung dengan daratan melalui jembatan di mana di sana kita bisa melihat ke arah laut yang paling luas. Dan tentu juga lebih tinggi dibandingkan saat anda berada di pantai sehingga bentangan laut yang luas benar-benar bisa anda nikmati. Disini banyak yang menggunakan kesempatannya untuk mengambil foto dengan latar belakang laut yang indah. Pantai ini juga ada tim SAR yang biasanya berjaga sebagai bentuk kepedulian keselamatan yang telah diberikan pemerintah pada pengunjung pantai Kukup. Sehingga faktor keselamatan menjadi prioritas dan anda bisa leluasa berenang di pantai ini.

Anda mungkin bertanya, hanya itu saja keindahan pantai ini? Keindahan yang tidak akan ditemui di pantai lain adalah banyaknya fauna ikan yang ada disini. Kalau anda melihat ke toko- toko ikan hias, maka di sini anda akan mudah menemukannya. Ya, seperti akuarium raksasa karena di pantai Kukup memang terdapat banyak sekali ikan hias. Seperti bintang laut, kuda laut, sampai ada yang menjual hiu. Anda tidak bisa menangkap sendiri ikan-ikan ini karena memang sengaja ditangkap oleh nelayan dari laut Kukup untuk dijual kembali pada wisatawan. Karena air laut ikan hias ini, tentu perawatannya lebih mahal dibandingkan dengan ikan hias air tawar, jadi berpikirlah dulu sebelum ingin membelinya.

Tiket masuk? Sebenarnya tiket masuk lokasi hanyalah sebuah tiket karcis. Bagi beberapa pantai yang ada di Wonosari ini kendaraan bermotor roda dua biasanya sekitar Rp 1.000,- sampai Rp 2.000,- per motor sedangkan untuk kendaraan roda 4, tergantung apakah itu mobil atau bis, anda akan dihargai sekitar Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- perkendaraannya. Indah bukan jalan-jalan murah meriah berwisata ke pantai Kukup? Kapan lagi jika anda penasaran, segeralah menuju pantai indah dan menawan yang dimiliki Indonesia ini. (him, Gambar: Pohonkusepisendiri)

5526 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply