Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta

Yogyakarta memang tempat favorit untuk jalan-jalan. Selain wisata budaya dan keramahan Wong Jogja, kini wisata pantai sudah menjamur di Jogja. Tidak hanya Parangtritis, kini sudah banyak pantai baru yang diperkenalkan, misalnya Pantai Ngobaran di Gunungkidul. Pantai Ngobaran menawarkan wisata pantai yang lain dari yang lain.

Salah satu yang unik adalah terdapatnya lima tempat ibadah yang berbeda-beda namun berdekatan. Rumah ibadah umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu dibuat berdekat-dekatan. Seolah kita diingatkan untuk tetap menjaga toleransi antar umat beragama. Selain itu bentuk bangunan rumah-rumah ibadah itu juga menjadi pemandangan menarik di tepi pantai.

Selain itu, pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptoari, ini juga memiliki pemandangan yang indah. Jika air laut sedang surut, Anda bisa melihat hamparan rumput laut yang berwarna-warni, mulai dari warna hijau sampai warna coklat. Anda juga bisa menyaksikan beberapa hewan laut yang sedang “bersembunyi” di sela-sela karang, seperti kerang, bintang laut, dan landak laut.

Jika Anda datang di pagi hari, Anda bisa melihat pemandangan masyarakat setempat yang sedang memanen rumput laut. Rumput laut itu akan dijual ke tengkulak, namun jika berminat Anda juga bisa membelinya langsung dari petani rumput laut. Namun jika Anda datang di sore hari, Anda bisa melihat pemandangan masyarakat setempat yang sedang menangkap landak laut untuk dijadikan santapan makan malam.

Sebelum dimasak, landak laut terlebih dahulu dihilangkan durinya lalu dipecahkan dengan sabit. Memasak landak laut juga gampang karena bumbunya cuma dua yaitu garam dan cabai, setelah itu tinggal digoreng. Rasa daging landak laut yang kenyal dan lezat memang menggiurkan, apalagi langsung dipanen dari pantainya. [G]

5707 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply