Pantai Nihiwatu, Resort Mewah di Nusa Tenggara Timur

Berbeda dengan pantai yang banyak dikunjungi selama ini, Pantai Nihiwatu di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan alam yang benar-benar dijaga. Karena pantai ini dimiliki oleh resort tertentu yang hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang menginap di resort tersebut. Pasir yang putih, ombak yang menunjang untuk berselancar. Tidak hanya untuk berselancar saja, anda akan disuguhi aktivitas menyelam di laut yang indah, atau berkeliling menuju pantai terdekat dengan perahu. Atau menuju desa-desa sekitar, atau ingin memancing, dan anda bisa menemukan banyak fauna laut yang khas Indonesia. Jika anda tahu pantai ini merupakan salah satu dari 10 pantai terbaik di asia.

Pantai ini tentu terletak di selatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Berjarak 30 – 35 km dari Kota Waikabubak kearah selatan. Cara mengakses pantai ini, jika anda dari Bali, karena sangat jauh dari manapun, anda bisa menghabiskan setengah hari perjalanan. Jangan khawatir karena di Nusa Tenggara Timur ini juga terdapat bandara yang bernama Tambolaka. Sehingga anda bisa mengaksesnya dari Bali atau kota lain yang memiliki bandara yang memiliki jalur penerbangan ke Nusa Tenggara Timur. Akan dibahas harga tiket rata-rata untuk bisa sampai ke Bandara Tambolaka.

1. Jakarta ke Tambolaka sekitar Rp 1.500.000 setiap maskapai

2. Denpasar Bali ke Tambolaka sekitar Rp 800.000 setiap maskapai

3. Surabaya ke Tambolaka sekitar Rp 1.400.000 setiap maskapai

4. Kupang ke Tambolaka sekitar Rp 700.000 setiap maskapai

5. Semarang ke Tambolaka sekitar Rp 1.300.000 setiap maskapai

6. Bandung ke Tambolaka sekitar Rp 970.000 setiap maskapai

7. Yogyakarta ke Tambolaka sekitar Rp 1.200.000 setiap maskapai

Masih banyak bandara yang menyediakan penerbangan ke Tambolaka namun tidak bisa semua dimuat disini. Jadi dengan melihat daftar harga diatas, setidaknya wisata ke Pantai Nihiwatu memang memerlukan dana yang cukup banyak. Setelah anda sampai di Bandara Tambolaka, setidaknya anda dapat menyewa mobil yang memang dapat anda sewa berharga sekitar Rp 300.000 sampai Rp 400.000. Harga ini cukup standar untuk daerah terpencil Nusa Tenggara Timur yang memang jarang sekali akses untuk mencapai resort mewah pantai Nihiwatu. Sepanjang perjalanan, anda bisa mengunjungi hasil karya masyarakat sekitar yang berupa ikat tenun khas Sumba. Karena makanan khas sumba tidak banyak atau tidak populer dan jarang dijual tapi bukan berarti anda tidak bisa menemukannya.

Karena merupakan sebuah resort, yang berarti anda tidaklah bebas untuk mengunjungi pulau ini, anda setidaknya harus memesan kamar untuk menginap agar dapat menikmati Pantai Nihiwatu. Cukup mahal karena resot ini merupakan resot internasional yang pemiliknya bukan orang Indonesia. Namun anda cukup bangga karena kebersihan pantai dan fasilitas yang disajikan, ternyata resort ini karyawannya adalah penduduk lokal. Ada juga Nihiwatu Foundation dimana membantu masyarakat sekitar dalam perkembangan budaya, sarana prasana setempat sampai sekolah-sekolah anak sekitar.

Ada waktu tertentu yang cocok anda kunjungi resort pantai ini, usahakan tidak dalam keadaan musim penghujan. Karena Nusa Tenggara Timur akan diguyur hujan yang mengakibatkan anda kesulitan bepergian ke daerah setempat serta bermain di pantai ini. Jadi sebaiknya anda mengunjungi pantai Nihiwatu di saat bulan April sampai bulan Desember setiap tahunnya. Dengan demikian ulasan singkat resot Pantai Nihiwatu, semoga anda menikmati rencana jalan-jalan dan berlibur ke Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur. (him, Gambar: Kiwicollection.com)

14543 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply