Pantai Panjang Bengkulu

December 17th, 2010 dalam kategori Bengkulu ditulis oleh 1 Comment | 2,693 kali dibaca |

“Belum ke Bengkulu kalau belum menjejakkan kaki di pantainya,” begitulah pameo yang terkenal di Provinsi Bengkulu. Pantai Panjang adalah objek wisatadi Provinsi Bengkulu yang sangat eksotis karena hamparan pasir putihnya. Pantai ini berada sekitar 1,5 kilometer di sebelah barat Kota Bengkulu. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda dapat naik Sado atau Delman yang merupakan angkutan tradisional di Kota Bengkulu.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari karena Anda dapat ambil menyelusuri pantai kita dapat menikmati matahari terbenam sambil berjalan menyusuri pantai. Di sepanjang pantai ini, Anda juga dapat menikmati kuliner wajib Pantai Panjang, yaitu es kelapa muda dan jagung bakar. Ikan laut bakar bumbu kuning, oseng terong campur jengkol, dan segelas kopi khas Bengkulu merupakan sederet makanan khas Bengkulu yang bisa memanjakan lidah Anda.

Pantai ini membentang sepanjang 7 kilometer sehingga pantai ini dinamakan Pantai Panjang. Pantai ini juga mempunyai jarak antara titik pasang dan titik surut sepanjang 500 meter sehingga hamparan pasir putihnya membentang luas. Di sekitar kawasan pantai yang landai ini, Anda bisa dengan mudah menemui banyak penginapan dengan tarif yang relatif murah.

Pantai Panjang ini cukup istimewa karena di sepanjang tepi pantai ini ditumbuhi pohon cemara dan pinus yang menambah kesejukan dan nuansa hijau. Biasanya di pantai tumbuhan yang hidup adalah pohon kelapa, tetapi di Pantai Panjang tidak ada pohon kelapa yang hidup. Anda dapat menyaksikan panorama alam berupa tenggelamnya matahari sambil bermain air pantai dengan tiupan angin sepoi-sepoi. Ketika menyambut malam Tahun Baru di kawasan objek wisata tersebut ramai dikunjungi masyarakat, wisatawan dan pendatang untuk mendirikan tenda-tenda disekitar pantai.

Pantai Panjang juga terasa istimewa karena bulir pasir putihnya sangat halus, sehingga bila Anda berjalan bertelanjang kaki pasirnya tidak akan mengotori kaki Anda. Selain itu ombak di pantai ini sangat bersahabat, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil. Banyak wisatawan yang membandingkan ombak di Pantai Panjang dengan ombak di Pantai Kuta. Berbagai fasilitas mulai dibangun di kawasan Pantai Panjang. Salah satunya jogging track, Anda dapat menikmati indahnya pantai sambil ber-jogging ria dan menghirup udara pantai yang sangat sejuk di kala pagi dan sore.

Pantai Panjang dengan garis pantai sepanjang 7 kilometer, pasir putihnya yang halus, dan ombak yang bersahabat pasti akan menjadi tujuan utama jika Anda jalan-jalan ke Kota Bengkulu. Jangan mau dikatakan tidak pernah ke Bengkulu, jika Anda tidak ke Pantai Panjang dahulu.

One Comment

25 lalu saya tinggal dekat Pantai Panjang,Moga saya akan dapat kesana lagi.Salam buat teman2 yang pernah satu sekolah di STMN Bengkulu.di Padang Harapan

Toni Rizani

4/10/2014

Leave a Reply