Pantai Tanjung Bira Di Sulawesi Selatan

Siapa yang tak kenal dengan kapal phinisi dan pelabuhan laut Paotere di Sulawesi Selatan? Ketangguhan nelayan-nelayan pengarung lautan dari Bugis, Sulawesi Selatan tentu tak bisa diragukan lagi. Karena terdiri dari banyak pulau dan lautan yang luas, Sulawesi Selatan secara otomatis juga memiliki banyak objek wisata laut yang indah, salah satunya adalah Pantai Tanjung Bira.

Tak hanya wisatawan lokal yang tertarik untuk mengunjungi Pantai Tanjung Bira, wisatawan asingpun dengan mudah bisa kita jumpai di sini. Pantai Tanjung Bira memiliki pasir yang putih, yang sangat nyaman untuk digunakan bersantai sambil mandi matahari. Jika liburan tiba, dan musim wisatawan asing datang ke Indonesia, Pantai Tanjung Bira akan sangat padat. Keindahan air lautnya yang jernih dan berbagai fasilitas penunjang yang tertata rapi menjadikan pantai ini layak Anda kunjungi saat jalan-jalan ke Sulawesi Selatan.

Sekedar berenang di tepian pantai dan berjemur di atas pasir putihnya adalah aktivitas yang paling banyak dilakukan oleh pengunjung di Pantai Tanjung Bira. Aktivitas lainnya yang lebih menantang adalah snorkeling dan diving. Tentu saja ini membutuhkan keahlian khusus dan peralatan khusus pula. Panorama bawah lautnya sangat menakjubkan. Ikan-ikan khas perairan Sulawesi bisa anda lihat di pantai ini.

Anda yang hobi fotografi, tentu sangat menyukai kunjungan ke Pantai Tanjung Bira karena bisa mendapatkan matahari terbit dan tenggelam dalam satu spot / tempat yang sama. Sungguh indah untuk melewatkaan moment tersebut. Di Pantai Tanjung Bira, Anda juga bisa melihat dua buah pulau lainnya, yaitu Pulau Kambing dan Pulau Liukang.

Jika Pelabuhan Paotere terletak di ujung utara Sulawesi Selatan, maka Pantai Tanjung Bira terletak di ujung paling selatannya. Lebih tepatnya di Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 Km dari kota Makassar. Cukup jauh juga.

Dari Kota Bulukumba, Anda masih harus menempuh perjalanan sejauh 40 Km lagi menuju Pantai Tanjung Bira. Untuk bisa mencapainya dari kota Makassar, anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Dengan kondisi jalan yang bagus menuju objek wisata tersebut, jarak tempuh yang lumayan jauh bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar 4 jam saja.

Untuk Anda yang merencanakan jalan-jalan dengan tujuan langsung Pantai Tanjung Bira tanpa harus transit dulu dan berkeliling kota Makassar, dari Bandara Internasional Hasanuddin, Anda bisa langsung menuju terminal Makassar dan mencari bus tujuan Kabupaten Bulukumba atau trayek khusus jurusan Pantai Tanjung Bira.

Sebagai salah satu objek wisata andalan Kabupaten Bulukumba dan Propinsi Sulawesi Selatan, kawasan ini telah dikembangkan dengan baik oleh pemerintah daerah, sehingga para wisatawan akan merasa nyaman jika datang ke Pantai Tanjung Bira. Dengan mudah Anda akan menjumpai villa, penginapan dan bungallow yang tersebar di setiap sudutnya. Hotel dan berbagai restoran dengan tarif murah juga tersedia.

Dengan budget menginap dari mulai Rp. 100.000,- per malam hingga Rp. 500.000,- Anda bisa temukan di kawasan ini. Bagi Anda yang memiliki hobi snorkeling dan diving, tak usah ragu untuk menyewa peralatan, yang hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 30.000,- saja per set.

Pedagang makanan dan oleh-oleh souvenir khas pantai tanjung bira dan sulawesi selatan juga ada. Jika ingin berkeliling tanpa harus berjalan kaki, masyarakat setempat juga menyewakan sepeda motornya dengan biaya rental seharga Rp. 65.000,- per hari, hampir sama dengan tarif yang Anda dapatkan jika berjalan-jalan di pantai di daerah Bali.

Setelah puas menikmati keindahan pantai Tanjung Bira, Anda dapat langsung meneruskan perjalanan ke Pulau Selayar, melanjutkan snorkeling dan diving di sana yang memiliki keindahan tak terkira. Tinggal memanfaatkan jasa kapal ferry saja yang sudah tersedia di pelabuhan Pantai Tanjung Bira.

49 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Comments
  1. Ardi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *