Pantai Tanjung Ular Bangka Belitung, Wisata Yang Asyik

Bagi banyak orang, liburan memang menyenangkan itu ke pantai. Karena wisata alam ini yang menyuguhkan keindahaan panorama yang diciptakan Tuhan berupa pasir pantai dan kesegaran air laut yang menyiram-nyiram. Memang wisata air lebih banyak membawa dampak positif seperti ketenangan dan kesenangan. Maka tak jarang wisata ke pantai tidak pernah luput dari benak masyarakat. Sekarang ulasan kita adalah Pantai Tanjung Ular di Bangka Belitung.

Anda bisa menuju pantai ini dengan menempuh setidaknya 10 kilometer lebih dari kota Mentok dengan cara melewati beberapa perkampungan. Di sini perkampungan yang akan Anda lewati adalah perkampungan orang Melayu dan Tionghoa. Anda juga akan melewati sebuah bukit yang dinamakan Bukit Menumbing. Menurut cerita orang-orang sekitar, bukit inilah yang menjadi tempat presiden pertama republik Indonesia diasingkan pada masa penjajahan Belanda.

Mungkin Bangka Belitung merupakan tempat yang cukup jauh dari pikiran Anda. Tapi jalan yang telah diperbaiki akan membuat Anda tidak merasakan perjalanan yang melelahkan. Kenapa dinamai Tanjung Ular? Karena jalan menuju ke pantai Tanjung Ular ini berkelok-kelok untuk bisa sampai di sana, seperti ular. Maka dinamai seperti itu. Bedanya dengan pantai yang Anda temukan di daerah lain adalah pantai ini memiliki mercusuar. Anda bisa melihatnya walaupun bentuknya tidak terlalu besar. Mercusuar ini sebagai penanda arah untuk kapal-kapal yang melintasi pantai Tanjung Ular ini. Terdapat juga kampung nelayan di pantai ini. Sehingga tidak hanya berwisata air. Anda dapat melihat beberapa kapal nelayan bersandar. Anda juga dapat melihat aktifitas nelayan seperti bagaimana mereka menangkap ikan. Karena jika ombak tenang berbeda cara menangkap ikannya begitu juga saat ombak sedang tinggi. Bagaimana sih bentuk pasir di Pantai Tanjung Ular ini?

Pantai Tanjung Ular ini memiliki pasir berwarna kekuningan, dengan batu karang berwarna kemerahan. Ini menjadi ciri khas pantai ini dibandingkan pantai lain yang memiliki batu karang berupa granit. Pantai ini juga landai sehingga aman untuk berenang. Air pantainya juga jernih karena pantai Tanjung Ular ini masih terjaga ekosistem air laut yang berupa terumbu karang yang masih banyak. Sehingga jika Anda bisa menyelam ke laut di pantai ini, banyak terumbu karang dan ikan yang masih terjaga. Bentuknya yang bagus, indah, dan sangat patut dikagumi.

Transportasi di daerah ini cukup sulit. Seperti terisolasi. Anda dapat menyewa sepeda motor ojek namun dengan harga sekitar Rp 50.000 ke atas sekali jalan. Sedangkan untuk menyewa mobil, jika Anda datang bersama keluarga maka harga sewa mobil adalah Rp 250.000an ke atas. Banyak faktor harga mahalnya sewa transportasi ini, dari lokasi jalan yang masih diaggap rusak dan juga sulitnya mencari BBM di wilayah ini. Bahkan diakui Bukit Menumbing menuju pantai Tanjung Ular ini masih diselimuti hutan yang belum dijamah. Bahkan beberapa tukang ojek mengaku belum berani melewatinya.

Anda bisa mengakses Kota Mentok, tempat Pantai Tanjung Ular ini dari pelabuhan Palembang selama 3 jam. Sehingga penginapan bisa Anda cari yang layak langsung di Kota Palembang. Karena cukup menginap 2-3 hari di hotel yang ada di kota Palembang. Anda dapat memakai di hari kedua untuk mengunjungi Pantai Tanjung Ular ini. Berangkat dari pagi, setidaknya sebelum siang Anda telah mencapai Kota Mentok. Dengan kurang dari 1 jam Anda sudah sampai di Pantai Tanjung Ular ini. Selamat menikmati liburan pantai Tanjung Ular ini. (him, Gambar: Ferdi)

7648 Total Views 15 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply