Paris Yang Romantis

Siapa yang tak bermimpi jalan jalan ke Paris? Kota romatis dengan banyak ikon dunia. Tak cuma yang berbau sejarah tapi juga yang dekat dengan budaya populer. Paris tentu saja tak hanya Menara Eiffel. Banyak yang bisa dilihat di kota gemerlap ini. Mulai dari bangunan bersejarah, tata kota yang cantik, wisata belanja yang menggiurkan, sampai dengan kotanya yang tidak pernah berhenti. Nah, jika Anda berniat pergi ke Paris, ada beberapa tempat yang wajib Anda datangi sebagai syarat syahnya Anda ke Paris.

Mountmartre

Ini adalah bukit tertinggi di Paris. Bayangkan keindahan seperti apa yang bisa Anda saksikan dari tempat ini. Apapun yang Anda lihat, pasti menimbulkan inspirasi sendiri. Buktinya, para seniman banyak yang tinggal di wilayah ini demi memicu lahirnya inspirasi.

Di atas bukit juga terdapat Gereja Sacre Coeur. Gereja ini menjadi semacam tugu peringatan atas kekalahan Prancis dalam perang, sekaligus juga bentuk untuk penebusan dosa. Di sekitar Gereja, ada tangga yang biasa dijadikan para pengunjung untuk melihat Paris dari ketinggian, sambil menikmati pertunjukan musik atau tari.

Jangan ketinggalan untuk mampir di Moulin Rouge atau kincir angin merah. Layaknya di film musikal Hollywood, Moulin Rouge adalah tempat melihat  pertunjukan seni yang spektakuler.

Hotel des Invalides

Ini bukan sembarang hotel karena khusus untuk para veteran agar mereka tidak perlu menjadi pengemis atau pencuri di Kota Paris. Namun kini hotel tersebut sudah berubah menjadi museum. Dari Hotel des invalides, pengunjung juga bisa mengagumi kemegahan Pont Alexandre III yang menghubungkan Hotel dengan Grand Palais (istana besar) dan Petit Palais (istana kecil). Kedua istana ini sekarang juga sudah menjadi museum.

Louvre

Kalau Museum yang satu ini tentu sudah banyak yang tahu. Museum terbesar di dunia ini banyak menyimpan mahakarya seni seniman dunia. Louvre juga semakin populer karena pernah disebut sebut sebagai penyimpan misteri dalam novel Da Vinci Code karya Dan Brown yang juga telah difilmkan.

Untuk masuk ke museum ini tidaklah mudah karena antriannya yang panjang di pintu masuk piramida. Banyak turis yang akhirnya memilih masuk dari pintu Portes des Lions yang dekat dengan kawasan Seine. Jika tak mau masuk, masih bisa turun ke bawah piramida untuk belanja dan menyantap makanan.

Notre Dame

Satu lagi ikon yang populer ialah gereja Notre Dame. Gereja ini menjadi sejarah penting bagi Paris karena menjadi tempat pelantikan Napoleon.

Pantheon

Ini adalah bangunan makam yang mewah, tempat para pejabat dan pembesar Perancis dimakamkan. Pantheon juga sebagai museum.

Jardin dan Palais du Luxemburg

Jardin adalah taman yang sangat terkenal di Paris. Di tengah taman terdapat kolam dengan kursi-kursi yang mengelilinginya. Di dekat taman terdapat istana atau museum Palais du Lexemburg. Taman lain yang bisa dikunjungi ialah taman di dekat palais de Chaillot, dekat dengan Sungai Seine, juga melihat menara Eiffel dari kejauhan.  Untuk diketahui, Warga Paris sangat suka bersantai di taman pada siang hari dan akhir pekan. Selain untuk makan siang, saat akhir pekan pengunjung yang kebanyakan keluarga memanfaatkan arena di tengah kota ini  untuk membaca buku, juga berkeliling dengan perahu layar di danau.

Quertir Latin dan Saint Germain des Pres

Bagi pecinta seni, silahkan mampir ke kedua tempat ini. Quertir Latin penuh dengan klub jazz, juga toko buku tua da lukisan tua. Dulunya, tempat ini pernah dijadikan kampus, lalu sekolah. Meski telah berubah, ciri khas intelektualnya masih membekas di wilayah ini. Sementara, Saint Germain des Pres ialah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta galeri, lukisan dan barang barang antik. Hampir di setiap sudut tempat ini banyak toko galeri yang menjual berbagai karya seni.

Tempat Belanja Mahal Hingga Pasar Loak

Sebagai kota mode dunia, Paris menawarkan banyak tempat belanja, mulai butik butik mahal hingga barang murah meriah. Bagi Anda yang berkantong tebal, silahkan berbelanja di Galeries Lafayette dan Matignon. Ini adalah bangunan departement store dengan bangunan yang sangat megah. Cocok bagi konsumen berkantong tebal dan ingin berbelanja nyaman sambil mengagumi kemewahan bangunan tempat berbelanja.

Salah satu yang menakjubkan dari tempat ini adalah kubah bangunannya yang terbuat dari kaca yang megah. Pakaian pakaian mewah juga dipajang untuk membuat konsumen tergiur membelinya. Waktu terbaik untuk mendatangi tempat ini ialah pada bulan Januari karena saat itu akan digelar diskon besar besaran hingga 70 persen.

Tempat belanja lain yang bisa dikunjungi adalah Place des Vosges. Ini adalah kawasan mewah, dinamakan sesuai dengan kota pertama yang membayar pajak. Di tempat ini, pengunjung bisa menemukan butik mewah Isye Miyake, Maison de Victor Hugo, dan restoran mewah. Layaknya sebuah tempat mewah, Place des Vosges juga layak jadi tempat berwisata.

Nah, bagi yang ingin berbelanja murah meriah, Paris Flea Market (Marche aux Puces de Saint Quen) mungkin bisa menjadi pilihan. Ini pasar loak paling terkenal di Paris, sekaligus terbesar di dunia. Begitu besarnya, hinga jika diukur panjangnya bisa mencapai 15 kilometer. Paris Flea Market letaknya ada di Clignancourt. Pengunjung ataupun turis bisa berburu apa saja barang murah meriah, mulai pakaian, barang seni, sampai barang antik. Ada 3000 pedagang yang berjualan di sini. Turis dijamin puas dan menemukan yang mereka inginkan di pasar ini.

(Herita Endriana, SI 31 Maret 2011)

6727 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply