Pelabuhan Sunda Kelapa yang Diminati Wisatawan Belanda

Dalam sejarahnya, Pelabuhan Sunda Kelapa sudah terkenal sebelum Belanda memasuki perairan Indonesia dan mulai menjajah negeri ini. Maka Pelabuhan Sunda Kelapa yang pertama kali beroperasi pada tahun 1527 itu bisa mendatangkan memori masa lalu sebelum negara Indonesia terbentuk. Bagi kita yang merupakan generasi paska-kemerdekaan, Pelabuhan Sunda Kelapa mungkin seperti pelabuhan pada umumnya. Namun tidak bagi para wisatawan Belanda yang datang jauh-jauh dari Negeri Kincir Angin itu.

pelabuhan sunda kelapa

Meskipun tidak bisa dibilang banyak, namun selalu ada wisatawan Belanda yang menyambangi Pelabuhan Sunda Kelapa. Kebanyakan wisatawan Belanda ini ingin melihat pelabuhan yang dulunya menjadi salah satu titik sejarah perekonomian Belanda dan Indonesia. Sebagian dari mereka takjub dengan kegiatan ekonomi di pelabuhan itu. Mereka takjub karena di negeri mereka semuanya menggunakana mesin, sedangkan di Pelabuhan Sunda Kelapa masih bisa ditemukan kuli panggul seperti beberapa abad yang lalu.

Di siang yang terik, banyak buruh panggul yang memindahkan barang-barang dari truk ke kapal atau sebaliknya. Itulah pemandangan yang tidak didapatkan di tempat lain, karena itulah para wisatawan Belanda itu ingin mengenal masa lalu nenek moyang mereka di pelabuhan ini. Mereka pun dengan asyik menyaksikan aktivitas para buruh panggul yang seakan mengikuti ritme bersama. Buruh yang di atas truk memindahkan muatan ke keranjang tali, buruh yang di atas kapal memberikan aba-aba ke operator derek, dan buruh yang di dalam kapal memanggul muatan lalu menyusunnya dengan rapi.

Sesekali di antara kesibukan kerja para buruh panggul pelabuhan itu terdengar suara berderit dari mesin penggerak derek. Suara deritan itu menunjukkan usia mesin yang sudah sangat tua. Jika suara deritan itu sudah sangat keras bukan tidak mungkin muatan akan lepas dan terjatuh ke dalam air. Manis pahitnya bekerja telah dirasakan buruh-buruh panggul di Pelabuhan Sunda Kelapa ini. Tidak banyak ada aktivitas buruh-buruh panggul pelabuhan seperti itu, makanya wisatawan Belanda seolah menemukan masa lalu di Pelabuhan Sunda Kelapa ini. [G]

4683 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply