Pemandu Wisata Perlukah Saat Jalan Jalan?

Sudah berapa banyak objek wisata yang teman-teman kunjungi? Dan dari sekian banyak tempat wisata tersebut, berapa banyak diantaranya yang menggunakan jasa pemandu wisata? Atau, hanya sekedar memenuhi gengsi saja, bahwa teman-teman sudah pernah sampai di tempat wisata A, B, C, dan D, serta mengoleksi berbagai foto narsis, tanpa tahu apa sebenarnya cerita di balik keindahan alamnya dan sejarah yang pernah terjadi?

Memang, jasa pemandu wisata tidaklah murah. Jika menginginkan jalan-jalan dengan biaya murah, kebanyakan orang akan mencoret daftar jasa pemandu wisata ini pertama kali, karena merasa tidak begitu penting atau urgent. Tetapi, sesudah sampai di rumah lagi, pastilah yang ada penyesalan karena yang didapat hanyalah sejumlah besar koleksi foto dan rasa lelah. Betulll?

Bule dan Pemandu Wisatanya

Yuk, dibahas satu per satu kenapa perlu dan tidak perlu kita menggunakan jasa pemandu wisata selama perjalanan kita ke berbagai obyek wisata. Yang paling utama sih, dengan memakai jasa pemandu wisata bisa menghemat waktu. Jika kita baru pertama kali ke suatu tempat, misalnya ke luar negeri, pastinya banyak tempat yang perlu kita kunjungi, namun dengan pengetahuan yang masih sangat terbatas. Pemandu wisata bisa membantu menyusun jadwal kita supaya tidak menjelajah secara acak-acakan, namun lebih terstruktur.

Kedua, pemandu wisata biasanya memiliki informasi yang sangat lengkap tentang semua objek wisata yang menjadi “wilayah jajahannya“. Yap, meskipun sebelumnya kita bisa browsing berbagai informasi yang ada di internet tentang objek wisata yang akan kita kunjungi, namun, seorang pemandu wisata biasanya mengetahui dengan detail soal sejarah dan apa saja yang pernah terjadi di tempat wisata yang kita kunjungi tersebut. Berbeda dengan yang bisa kita temukan di internet, karena kemungkinan besar hanyalah informasi yang sudah di kopi paste, lalu dikopi lagi dan dipaste lagi. 😀

Ketiga, jalan-jalan dengan memakai jasa pemandu wisata tentunya lebih aman. Apalagi jika kegiatan yang kita lakukan adalah trekking atau snorkeling dan diving. Jalan-jalan juga akan lebih mudah karena pemandu wisata juga bisa merangkap dan berfungsi ganda sebagai penerjemah dan membantu menawar barang saat kita membeli oleh-oleh. Juga, bisa kita mintain tolong sebagai juru foto kalau kita hanya sendirian jalan-jalannya. 😆

Nah, lantas, berapakah tarif seorang pemandu wisata? Apakah per paket perjalanan, ataukah tarif per jam? Setahu saya sih ya, tarif pemandu wisata ini belum ada standart bakunya. Masih bergantung pada kesepakatan dua belah pihak saja, dan mau pakai sistem yang mana, apakah per paket perjalanan wisata, ataukah per jam. Untuk satu objek wisata, biasanya tarifnya berkisar dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 100.000,- Buat yang mau jalan-jalan hemat, duit segitu emang berarti banget sih..

Hayooo, jadinya pilih yang mana? Pakai pemandu wisata atau tidak?

5944 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Ejawantah Wisata June 12, 2013

Leave a Reply