Penangkaran Buaya Teritip Balikpapan

Ingin mencoba wisata yang sedikit berbeda ketika anda berkunjung ke kota Balikpapan, Kalimantan Timur? Cobalah untuk mengunjungi penangkaran buaya yang berada di desa teritip. Jaraknya hanya 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan.

Menuju Desa Teritip, anda bisa menggunakan mobil dari kota Balikpapan dengan perjalanan selama 30 menit. Sedangkan bila anda langsung berangkat dari Bandara, waktu tempuhnya hanya 20 menit. Mobil pribadi, taksi bandara, maupun angkutan kota lainnya, dapat mengantarkan wisatawan domestik dan mancanegara ke sana setiap saat. Apalagi penangkaran ini buka setiap hari dari senin hingga minggu.

Sekitar 1.450 ekor buaya bisa kita saksikan atraksinya setiap hari. Di penangkaran buaya Tritip ini, pengunjung bisa melihat dari dekat gerak gerik kehidupan hewan yang bisa hidup di dua alam itu. Wisatawan bisa melihat buaya buaya itu berebut makanan, maupun kemesraan pasangan buaya di dekat kamar bertelurnya.

Pengunjung dapat langsung memberikan makan berupa ikan dan ayam hidup kepada buaya yang ditangkar. Momentum pada saat buaya buaya berebut makanan selalu menjadi hal yang menarik perhatian pengunjung. Kalau jadwal pemberian makanan buaya hanya dua kali dalam seminggu dan pengunjung bisa membeli satu ekor ayam seharga Rp. 10.000,- untuk kemudian langsung memberikan makan buaya buaya yang ditangkar.

Ribuan buaya itu ditangkar dalam puluhan kandang di areal seluas lima hektar. Jenis buaya yang dapat ditangkar antara lain buaya muara (crocodylus porosus) yang paling dominan dan dua jenis buaya langka yaitu buaya air tawar (crocodylus siamensis) dan buaya supit (tomistoma segelly).

Selain bermain bersama buaya, di Teritip setiap akhir minggu pengunjung bisa menikmati sate buaya. Sate yang dijual seharga Rp. 3.000,- per tusuknya ini dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan. Bahkan, alat kelamin buaya atau tangkur juga dijual dengan harga Rp. 400.000,- hingga Rp.700.000,- Tidak puas rasanya bila berkunjung ke penangkaran buaya Teritip, Balikpapan tanpa oleh oleh. Karena itu, disediakan juga aneka hasil dari buaya, seperti dompet, tas, ikat pinggang, dan tali jam, yang semua cocok untuk souvenir. Bagi kaum pria yang menginginkan kesehatan prima, tersedia juga ramuan tangkur buaya. (MI, Kamis 24 Maret 2011)

7273 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Joko Waluyo August 4, 2014

Leave a Reply