Pesona Danau Singkarak, Rumah Ikan Bilih

Danau Singkarak membentang di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Danau ini merupakan hulu dari Batang (Sungai) Ombilin dan Batang Anai. Danau ini memiliki luas wilayah 107,8 km ², yang sekitar 21 km panjang dan 7 km lebar. Outlet alami untuk kelebihan air adalah sungai Ombilin yang mengalir ke arah timur dengan Selat Malaka.

danau singkarak

Dengan luas 107,8 km persegi Danau Singkarak adalah danau terbesar ke-2 di pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara yang terkenal itu. Selain itu, keindahan alam, udara sejuk dan air jernih Danau Singkarak adalah pesona yang begitu istimewa untuk dikunjungi.

Danau yang terletak pada ketinggian 362,5 m di atas permukaan laut ini memiliki spesies ikan unik yang hanya hidup di danau ini. Masyarakat setempat menyebutnya “Ikan Bilih” (Mystacoleuseus padangensis). Ikan ini, tidak dapat dibudidayakan di luar habitat aslinya, baik di akuarium, kolam, bahkan di karamba jaring apung di Danau Singkarak sekalipun.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati Danau Singkarak dari dekat, perahu disediakan dan wisata perahu tradisional di sepanjang danau. Pada saat-saat tertentu, di danau diadakan balapan perahu tradisional untuk tingkat lokal dan nasional. Ini merupakan daya tarik bagi wisatawan yang suka menonton balapan perahu.

Untuk sampai ke Danau Singkarak, perjalanan dapat dicapai melalui jalur darat. Jika menggunakan transportasi umum, dari Padang ke lokasi perjalanan berlangsung sekitar 2,5 jam dengan biaya berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 40.000. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan mobil sewaan, biayanya sekitar Rp 400.000 per hari.

Gambar header dari Wikipedia.

7686 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

3 Comments

  1. akbar April 29, 2011
  2. Uda rian February 24, 2012
  3. Toko Bunga March 5, 2012

Leave a Reply