Pesona Gemilang Wisata Kab Magelang

Bukit Punthuk Setumbu

Punthuk adalah gundukan tanah dan setumbu berarti keranjang sebanyak satu tumbu (tumbu besar terbuat dari anyaman bambu berfungsi sebagai tempat rumput atau menyimpan padi). Punthuk Setumbu merupakan objek wisata terbaru di Kec. Borobudur. Objek wisata ini dikelola oleh masyarakat desa Karangrejo dan sudah banyak wisatawan naik ke bukit ini untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Setiap bulan Besar menurut kalender Islam dua bulan setelah perayaan Idul Fitri masyarakat Desa Karangrejo melakukan sedekah bumi sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang telah melimpahkan karuniaNya kepada masyarakat desa Karangrejo.

Desa Wisata Borobudur

Di Kecamatan Borobudur, tepatnya di Desa Borobudur, tidak hanya candi Borobudur yang menjadi daya tarik wisata baik wisatawan mancanegara maupun domestik, tetapi juga desa-desa wisata yang berada di sekitarnya. Salah satunya adalah dusun Maitan yang menawarkan suasana pedesaan yang sangat damai dan pemandangan alam hamparan sawah yang sangat indah. Di atas bukit Bakal wisatawan dapat melihat keindahan candi Borobudur. Setiap hari sangat banyak wisatawan naik andong mengunjungi desa ini.

Desa Wisata Religi Gunungpring

Objek wisata religi ini berada di desa Gunung Pring kecamatan Muntilan. Makam K. Raden Santri, K. Dalhar dan Mbah Jogorekso merupakan tujuan wisata ziarah yang terletak di atas bukit bambu (gunung pring). Banyak peziarah dari berbagai kota bahkan dari luar negeri datang ke sini. Di tempat ini terdapat pula pondok pesantren yang memiliki banyak santri dari berbagai daerah, berada di dusun Watu Congol. Wisatawan maupun peziarah bisa menggunakan kendaraan besar kecil untuk mengunjungi Gunung Pring. Penginapan, rumah makan dan kios cinderamata mudah ditemukan oleh para peziarah maupun wisatawan.

Makam Pangeran Singosari (Kyai Raden Santri)

Makam Raden Santri atau Pangeran Singosari terletak di lereng Gunung Pring yang memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan air laut yang berjarak 1 kilometer ke arah selatan dari Kecamatan Muntilan. Objek wisata ini merupakan makam keluarga Pangeran Singosari, yaitu keturunan raja Majapahit, putra Ki Ageng Pemanahan dan generasi ke 6 Prabu Brawijaya.

Makam Sunan Geseng

Daya tarik wisata sejarah ziarah ini berada di desa Tirto kecamatan Grabag. Banyak peziarah dari kecamatan Grabag khususnya dan Kabupaten Magelang pada umumnya mengunjungi daya tarik wisata ini pada malam ke 21 bulan Ramadhan. Sunan Geseng memiliki nama asli Cokrojoyo adalah murid dari Sunan Kalijogo yang diperintahkan untuk menjaga tongkatnya. Karena terlalu lama tempat tongkat tersebut berubah menjadi semak belukar dan Cokro tidak nampak sama sekali. Untuk menemukannya harus dibakar. Selanjutnya Sunan Kalijogo memandikannya di Sendang Jatiluwih di wilayah Jogjakarta. Usai dimandikan Cokrojoyo berganti nama menjadi Sunan Geseng dan diminta untuk menyebarkan agama Islam di wilayah kecamatan Grabag hingga wafatnya. Beliau dimakamkan di desa Tirto.

Objek Wisata di Magelang Jawa Tengah

Vihara Mendut

Vihara ini terletak di desa Mendut kecamatan MungKid tepatnya di sebelah timur candi Mendut. Pada hari raya Waisak, vihara ini banyak dikunjungi wisatawan yang hendak menyaksikan prosesi upacara ritual yang dimulai dari Candi Mendut menuju candi Borobudur ditempuh dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 kilometer. (Kab. Magelang Tourism and Culture Office)

7104 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply