Pulau Bawean, Pulau Indah di Pesisir Gresik

34883 1459801209993 1082291129 31396074 3289643 n Pulau Bawean, Pulau Indah di Pesisir Gresik

Selama ini Kabupaten Gresik dikenal sebagai Kota Santri karena menjadi persinggahan terakhir Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Karena itu Kabupaten Gresik terkenal dengan wisata religiusnya. Namun ternyata di salah satu sudut Kabupaten Gresik ini terdapat pulau indah bernama Pulau Bawean. Diam-diam Pulau Bawean ini sudah menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan mancanegara. Pantas saja Pulau Bawean ini bisa disejajarkan dengan Pulau Bali dan Pulau Bunaken.

Pulau Bawean berjarak sekitar 120 kilometer ke arah utara dari Kabupaten Gresik. Anda bisa menempuh tiga jam perjalanan dengan kapal bahari atau enam jam perjalanan dengan kapal tungkal untuk menuju Pulau Bawean. Pulau Bawean terbagi menjadi dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Pulau Bawean memiliki garis pantai sepanjang 55 kilometer yang menyajikan pantai-pantai dengan pasir putih yang mengagumkan. Pulau Bawean merupakan pulau yang tidak terlalu besar dengan diameter sekitar 12 kilometer. Terdapat jalan sepanjang 70 kilometer yang mengelilingi Pulau Bawean dan bisa ditempuh selama 1-2 jam perjalanan.

Karena luasnya yang tidak terlalu besar, Pulau Bawean mempunyai 75 persen wilayah yang dikelilingi pantai dan terumbu karang yang terdapat di laut sekitarnya. Pantai yang wajib Anda datangi di Pulau Bawean adalah Pantai Mayangkara yang terletak di pesisir Utara pulau ini. Pantai Mayangkara memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar. Tidak jauh dariĀ  Pantai Mayangkara, Anda bisa mengunjungi makam ulama wanita Waliyah Zainab. Makam tokoh religius Pulau Bawean ini terletak di Desa Diponggo. Tidak jauh dari makam itu, Anda bisa mencoba kuliner khas Pulau Bawean yang tersedia di rumah makan terapung di bibir pantai.

Pulau Bawean juga mempunyai beberapa objek air terjun yang memukau, seperti Air Terjun Laccar, Air Terjun Kuduk-kuduk, dan Air Terjun Palomon. Anda juga bisa mengunjungi wisata air panas yang terletak di Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura. Di pemandian air panas itu, Anda bisa mandi air panas atau sekedar cuci muka saja. Selain itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan pemandangan di Danau Kastoba. Untuk mencapai danau ini, Anda bisa menggunakan sepeda motor dan kemudian trekking sejauh 500 meter dengan medan yang cukup menanjak. Pemandangan danau dengan air jernih dan rimbunnya pepohonan tersaji di Danau Kastoba ini. Belum lagi posisi danau yang terletak di tengah-tengah Pulau Bawean ini yang menawarkan keunikan tersendiri.

Setelah menikmati keindahan Pulau Bawean, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Bawean. Pulau Selayar bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki saat air laut surut. Anda bisa menikmati pulau perbukitan dengan latar belakang laut yang memukau. Di sebelah Timur dari Pulau Selayar juga terdapat Pulau Noko yang bisa dicapai dengan menumpang kapal nelayan. Pulau Noko ini tidak memiliki satu tanaman apapun dan hanya dihiasi dengan hamparan pasir putih dimana-mana. Anda juga bisa mengunjungi Pulau Gili dengan perjalanan satu jam lagi dari Pulau Bawean. Sudah saatnya untuk ke Pulau Bawean, pulau indah dengan seribu pesona alam.

349 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *