Pulau Onrust, Sibuk Dan Tak Pernah Istirahat

Posisi Pulau Onrust

Pulau Onrust masuk ke dalam salah satu gugusan Kepulauan Seribu dan masuk ke dalam wilayah DKI Jakarta. Sangat terkenal sejak jaman peninggalan Belanda, Onrust berarti sibuk atau tak pernah beristirahat. Jika anda berncana datang ke Pulau Onrust, anda bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari Pelabuhan Muara Angke. Untuk tujuan yang sama, dengan waktu tempuh yang lebih singkat, dapat anda jalani dari Manina Ancol dengan kapal speed boat.

Jangan membayangkan Pulau Onrust sebagai sebuah resort yang indah seperti di Pulau Sepa atau Pulau Matahari, karena di Pulau Onrust anda tak akan menjumpai satu buahpun penginapan yang bisa anda gunakan. Satu-satunya bangunan yang ada adalah sebuah warung makanan dan toilet, serta sebuah bangunan tua seperti kantor yang terlihat sepi seperti tak berpenghuni.

Meskipun tak berpenghuni dan tidak bisa dijadikan sebuah tujuan wisata untuk menginap, tetapi banyak yang bisa kita pelajari dari sejarah Pulau Onrust.

Sejarah Pulau Onrust

Pulau Onrust adalah salah satu pulau yang paling sibuk pada masa VOC. Pelabuhan Pulau Onrust adalah pelabuhan untuk bongkar muat barang. Pulau Onrust juga dijadikan Pangkalan Angkatan laut oleh Belanda. Pada tahun 1933 Pulau Onrust diubah fungsinya sebagai Karantiana Haji. Pada awal masa kemerdekaan, Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai rumah sakit Karantina bagi penderita penyakit menular dan penyakit kusta/lepra dibawah penganwasan Departemen Kesehatan hingga awal tahun 1960, dan para penderita penyakit lepra saat ini ditampung di RS Sintahala Tangerang.

Pulau Onrust Sekarang

Kini, sisa-sisa kejayaan pulau yang tak pernah beristirahat ini hanya sebuah rumah dokter dan penjara di sudut pulau. Barak karantina haji hanyalah sisa puingnya saja. Di sudut Pulau Onrust yang lain, terdapat sebuah makam tua milik Maria Van De Velde. Maria meninggal di Pulau Onrust saat menunggu kekasih hatinya datang dari Belanda, dan ternyata sang kekasih telah meninggal dunia dalam perjalanannya menuju Pulau Onrust. Maria yang dengan setia menunggu di Pulau Onrust, meninggal dalam usia 25 tahun dengan memakai baju pengantinnya.

Tips Menuju Pulau Onrust

Untuk berhemat, anda bisa naik kapal nelayan yang mengangkut para pemancing dari Muara Kamal dengan ongkos tak lebih dari Rp. 10.000,- menuju Pulau Onrust.

7237 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply