Pulau Onrust Yang Selalu Sibuk di Kepulauan Seribu

Pulau Onrust

Pulau Onrust jaraknya hanya beberapa puluh kilometer saja dari Muara Angke, Jakarta dan dapat ditempuh dalam waktu 30 menitan. Di Pulau Onrust terdapat Taman Arkeologi Pulau Onrust yang merupakan tempat bersejarah bagi Jakarta.

Asal muasal nama Pulau Onrust adalah dari Bahasa Belanda yang berarti sibuk atau tidak pernah istirahat. Pemberian nama tersebut dikarenakan pada saat itu Pulau Onrust adalah pusat persinggahan kapal-kapal VOC. Pulau Onrust juga sempat berfungsi sebagai pangkalan Angkatan Laut.

Akibat letusan Gunung Krakatau, Pulau Onrust yang hancur kemudian berganti menjadi asrama haji bagi penduduk Jakarta yang hendak ke Mekah. Kemudian sempat pula difungsikan menjadi Rumah Sakit khusus karantina penyakit menular.

Pulau Onrust

Banyak bangunan bersejarah di Pulau Onrust yang kini hanya tinggal puing-puingnya saja. Tersisa beberapa bangunan yang masih bisa disaksikan sampai sekarang seperti pondasi benteng, penjara, bekas rumah sakit, rumah tempat tinggal dokter dan makam Maria Van De Veldes. Dengan luas Pulau Onrust yang hanya sekitar 5 hektar, membuat jalan-jalan ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini tidak akan melelahkan.

Sejarah mencatat, di Pulau Onrust sempat terjadi wabah tikus yang sangat parah, sehingga saat itu pembangunan pun memaksa strukturnya harus dibuat dengan memasang perangkap tikus. Tikus-tikus mematikan di Pulau Onrust tersebut berasal dari Belanda yang “menumpang” di kapal-kapal yang merapat ke Pelabuhan Pulau Onrust.

Banyak cerita mistis yang mengkaitkan Pulau Onrust dengan adanya penampakan Maria Van De Veldes, seorang gagis yang meninggal di sana saat menanti kekasihnya dari Belanda untuk menikah. Sayangnya, sang pujaan hati meninggal dalam perjalanan dan Maria setia menanti di Pulau Onrust sampai meninggal dalam keadaan memakai baju pengantinnya.

Dan bicara soal makam, ada satu lagi orang terkenal yang dimakamkan di Pulau Onrust. Kenal kan dengan Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo? Buka buku sejarah deh kalo sudah lupa. Konon si Kartosuwiryo ini dimakamkan di Pulau Onrust.

Jalan-jalan ke Pulau Onrust pasti akan menyenangkan, karena cuacanya yang sejuk berkat banyaknya pepohonan rindang di sana. Karena jaraknya yang dekat dengan Jakarta, jangan berharap ya bakalan ada penginapan di Pulau Onrust. Harus PP kalo ke sana, tanpa bisa menginap. Tapi, ada warung makan kok kalau haus dan lapar.

Nggak rugi sesekali jalan-jalan ke Onrust. Asyik lho. Mau lihat foto-fotonya?

6585 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. TONGKONANKU March 6, 2012

Leave a Reply