Pulau Peucang, Ujung Kulon Yang Menawan

Jika Anda hanya ingin sekedar jalan-jalan, mungkin Pulau Peucang bukan tempat yang tepat, karena butuh waktu hingga 10 jam dari Jakarta untuk tiba di ujung kolon pulau Jawa ini. Melewati Pantai Anyer, Pantai carita dan Labuhan, Anda harus menuju ke sebuah Kampng Nelayan bernama Sumur. Rute yang bisa Anda tempuh adalah Serang, Pandeglang, Labuan, Sumur, dan terakhit adalah Desa Taman Jaya.  Dari Sumur inilah, kita menyeberang ke Pulau peucang menggunakan perahu. Perjalanan memakai perahu memakan waktu 4 jam sebelum akhirnya bisa sampai di Pulau Peucang.

Pulau Peucang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, dan dari mitos nama ini adalah nama sejenis siput atau nama menjangan yang ada di Pulau tersebut. Pemandangan sebelah kiri Pulau Peucang adalah daratan Pulau Jawa, dan sebelah kanannya adalah lautan lepas.

Pulau Peucang

Dengan mudah kita bisa melihat rusa dan banyak monyet dari depan penginapan, layaknya tinggal di dalam hutan. Selain Pulau Peucang, sebenarnya masih ada beberapa pulau yang bisa kita kunjungi juga seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Panaitan. Rusa dan monyet adalah hewan utama yang sering menampakkan diri di Pulau Peucang, tetapi jika sedang beruntung, tak hanya rusa dan monyet saja yang ada, melainkan juga burung merak akan bisa kita lihat.

Bagi Anda yang hobi snorkeling, ada banyak spot menarik yang bisa Anda coba di seputaran Pulau Peucang. Dua diantara spot yang menarik yang ada di Pulau Peucang adalah Cikembang dan Cikuya. Apa saja yang bisa dilihat? Bermacam-macam ikan yang terdiri dari banyak jenis, dan batuan koral yang berwarna-warni menjadi daya tarik utamanya.

Untuk Anda yang menyukai tantangan lebih, spot snorkeling Cikuya bisa dicoba, karena di sana arusnya lebih deras jika dibandingkan dengan Cikembang. Selain koral dan ikan, Anda bisa menemukan anemone dan clown fish. Sangat indah pokoknya. Apalagi jika Anda membawa under water kamera. Mantap!

Ayo, jangan hanya membaca keindahan Pulau Peucang, datang dan nikmati sendiri keindahannya.

3974 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply