Pusat Pelatihan Gajah Seblat Bengkulu

Jika selama ini Anda hanya mengetahui pusat pelatihan gajah di Way Kambas Lampung, ternyata di Bengkulu juga ada Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Pusat Pelatihan Gajah Seblat merupakan salah satu balai konservasi gajah ke lima yang terdapat di Indonesia. Balai konservasi gajah yang lain adalah Way Kambas di Lampung, Sebokor di Sumatera Selatan, Lhokseumawe di Aceh, dan Sebangau di Riau.

gajah seblat

Pusat Pelatihan Gajah Seblat didirikan untuk menjinakkan gajah-gajah liar Sumatera, untuk membina gajah-gajah tersebut agar lebih berguna bagi masyarakat, dan juga untuk membantu proses perkembangbiakan gajah-gajah liar tersebut. Selain untuk mengkonservasi sekitar 200 ekor gajah liar Sumatera, Pusat Pelatihan Gajah Seblat juga menjadi habitat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Pulau Sumatera.

Jika Anda ke Provinsi Bengkulu, jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Selain bisa melihat atraksi gajah-gajah yang telah dijinakkan, Anda juga bisa menambah ilmu tentang satwa dilindungi ini. Gajah Seblat adalah sebutan untuk gajah-gajah liar (Elephas maximus sumatrensis) yang terdapat di Provinsi Bengkulu. Gajah Seblat dahulu menjadi musuh para petani karena sering merusak tanaman-tanaman. Namun sekarang Gajah Seblat dilatih oleh pawang-pawang agar lebih berfungsi bagi masyarakat.

Pusat Pelatihan Gajah Seblat terletak di Kecamatan Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara yang berjarak kurang lebih sekitar 132 kilometer dari Kota Bengkulu. Pusat Pelatihan Gajah Seblat yang didirikan sejak Oktober 1992 ini memiliki luas sekitar 6.800 hektar dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Untuk menuju Pusat Pelatihan Gajah Seblat tidak terlalu sulit. Areal Pusat Pelatihan Gajah Seblat bisa dicapai dari berbagai arah. Jika Anda berangkat dari Kota Bengkulu, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 150 kilometer menuju Air Muring, Bengkulu Utara. Dari Aur Muring, ada tiga pintu masuk ke Pusat Pelatihan Gajah Seblat. Salah satunya, melalui PT. Agricinal dengan jarak tempuh 20 kilometer. Jalan lainnya, melalui Seblat (samping Kantor Kecamatan Putri Hijau), Suka Baru, Pusat Pelatihan Gajah Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 15 kilometer. Alternatif terakhir, lewat Air Muring, Suka Merindu, Suka Baru, PLG Seblat, dengan jarak tempuh sekitar 17 kilometer.

Di kawasan Pusat Pelatihan Gajah Seblat, Anda akan disuguhi dengan berbagai jenis atraksi gajah yang mampu membuat Anda tersenyum melihat lucunya atraksi gajah-gajah tersebut. Para pawang gajah telah melatih gajah-gajah liar menjadi hewan jinak dan cerdas yang sanggup memahami instruksi manusia. Anda pasti akan terkagum-kagum melihat gajah-gajah tersebut mampu melakukan atraksi-atraksi seperti menggendong manusia, berdisko, mengalungkan bunga, membawa bendera, menebak angka atau huruf, bermain sepak bola, berbaris, gajah pacaran dimana gajah jantan membawa payung dan gajah betina memeluknya, dan atraksi lainnya.

Belum hilang perasaan kagum melihat atraksi gajah-gajah di kawasan ini, Anda akan dibuat terkagum-kagum lagi ketika melihat flora dan fauna langka yang dilindungi. Anda dapat melihat bunga yang menjadi ciri khas Provinsi Bengkulu, yaitu bunga Rafflesia (Rafflessia arnoldi). Selain itu Anda akan menjumpai hewan-hewan langka seperti tapir, rusa, badak Sumatera, harimau loreng Sumatera, kucing emas, kambing hutan, berbagai jenis ular, siamang, simpai, kera ekor pendek, berbagai jenis burung (rangkong, beo, pergam), ayam hutan, elang, dan lain-lain.

6734 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply