Rata-rata Lama Menginap di Hotel Non Bintang Tahun 2010-2012

Lama Menginap

Iseng-iseng saya menyasarkan diri ke webnya Badan Pusat Statistik, pengen ngelihat ada info apa seputar pariwisata. Dan saya nemu ada data rata-rata lama menginap di hotel non bintang per propinsi, baik oleh wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Saya ambil 7 data menginap terlama saja ya.

Menginap lama di sebuah destinasi, kalau saya tentunya mikir di biaya yang harus dikeluarkan. Entahlah kalau turis asing. Mungkin justru efisien karena ‘sekalian’ bisa mengunjungi banyak tempat wisata, sebelum akhirnya pindah ke lokasi lain.

Yang pasti, secara umum, jika bertahan lama di sebuah daerah wisata, tentunya secara logika daerah tersebut memiliki banyak spot indah yang akan didatangi. Atau, kalau kasusnya di Indonesia, di mana terkadang fasilitas menuju objek wisata masih sulit dan terbatas, perlu waktu yang lebih lama untuk ‘masuk’ ke pelosok, mau nggak mau ya harus stay lebih lama lagi.

Nah, menariknya dari data BPS di atas, Lampung adalah propinsi di mana turis asing rata-rata menginap paling lama! 6 hari di tahun 2012, naik cukup tajam dari dua tahun sebelumnya hanya 1,5 hari dan 2,5 hari di tahun 2011.

Pertanyaannya, ada apakah di Lampung sehingga wisatawan asing bisa menginap lama?

Sepanjang saya blogwalking membaca tulisan travel blogger, Lampung adalah salah satu daerah yang lumayan jarang didatangi. Satu dua orang mungkin sudah sampai ke Teluk Kiluan, atau anak Gunung Krakatau, tapi ya sebatas itu saja. CMIIW, mungkin saya aja yang kuper.

Pernah saya khusus browsing soal Lampung, bagaimana caranya supaya sampai sana, nginep di mana, apa saja yang menarik, ujung-ujungnya ya batal juga. Ngeteng ke Kiluan bawa bayi belom berani karena kabarnya medan masih ekstrim. Jadi saya cari yang di sekitaran kota Bandar Lampungnya saja.

Pernah sih sampai Lampung Tengah jalan darat dalam rangka tugas, tapi ya nggak sempat juga jalan-jalan. Kalau ada yang bisa meyakinkan saya buat menginap lama di Lampung, nanti saya main, deh!

5057 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply