Sarapan Bubur Sop Ayam Khas Cirebon

Sarapan Bubur Sop Ayam Khas Cirebon. Sudah familiar kan ya dengan makanan bubur ayam? Di Jakarta, hampir di setiap jalan terdapat tukang bubur ayam mangkal. Tapi, itu namanya bubur ayam. Beda dengan makanan khas Cirebon yang satu ini: bubur sop ayam. Baru dengar namanya? Berarti nanti kalau jalan-jalan ke Cirebon musti menyempatkan diri wisata kuliner murah meriah ini nih. 😀

Sebenarnya ya hampir mirip. Bahan dasarnya tetep saya bubur dan ayam. Namun, pelengkapnya jelas beda. Jika di bubur ayam kita hanya bisa menemui suwiran ayam, kacang kedele goreng, irisan daun bawang, kerupuk dan bawang goreng, di dalam bubur sop ayam tambahannya lebih lengkap lagi.

Bubur Sop Ayam

Ada soun, irisan kol, kentang rebus, dan terkadang juga toge. Dan yang paling beda, kuahnya. Berbeda dengan bubur ayam yang kuahnya hanya sedikit, berupa bumbu kuning ditambah kecap, ya namanya juga bubur sop ayam, kuahnya lebih banyak lagi, kuah sop bening. Segar, apalagi ditambah dengan sesendok sambal rawit yang bikin napsu makan lebih tinggi.

Meskipun di tempat asalnya, Cirebon, bubur sop ayam ini lebih mudah ditemukan pada malam hari, saya lebih suka menyantapnya sebagai menu sarapan. Menguatkan tubuh sebelum jalan-jalan mengelilingi Kota Cirebon. Para penjual biasanya memang baru keluar pada sore hari dan berjualan hingga malam. Jika menginginkan bubur sop ayam khas Cirebon untuk sarapan, silahkan mencarinya di alun-alun Kejaksan Cirebon. Di sana ada seorang penjual bubur sop ayam dengan gerobak yang mangkal di sisi jalan Siliwangi Cirebon. Semangkuk besar seperti yang saya pegang itu harganya hanya Rp. 8.000,- Selamat wisata kuliner!

3834 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

No Responses

Leave a Reply