Sate Bulayak, Sajian Nikmat Dari Pulau Lombok

Mau tau panganan khas Lombok? Ada yang namanya sate bulayak. Sate Bulayak berasal dari Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Makanan yang terdiri dari sate daging sapi dan bulayak, sejenis lontong tapi bungkusnya daun kelapa. Satu porsi sate bulayak selalu terdiri dari sepiring sate irisan daging sapi (isinya 15 sampai 20 tusuk), satu piring berisi beberapa potong bulayak, dan satu piring bumbu pelalah, atau bumbu sambalnya.

Dulu, sate bulayak cuma terbuat dari daging sapi, tapi sekarang sate bulayak juga dibuat lebih bervariasi. Ada yang terbuat dari daging ayam, jerohan ayam serta usus sapi. Khusus sate bulayak yang terbuat dari jerohan, bahan-bahannya direbus dulu sebelum dipotong dan dibumbui. Sedang sate bulayak dari bahan daging sapi dan ayam, langsung dipotong-potong serta direndam bumbu dasar berupa adukan minyak sayur, garam, gula, bawang putih dan ketumbar.

sate bulayak

Sate bulayak kemudian dibakar di atas bara, menggunakan bara arang batok kelapa. Setelah matang dikucuri air jeruk nipis dan ditaruh di atas sambalnya. Sambal sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta ulekan cabe merah hingga berminyak. Sebagai pelengkap rasa, sambal sate bulayak dibubuhi kecap manis secukupnya.

Perkembangan sate bulayak di kawasan Pantai Senggigi, Pulau Lombok, lebih maju lagi. Selain daging sapi, ayam dan jeroannya, masih ada bahan dasar lain, yaitu keong laut serta daging ikan. Khusus sate yang terbuat dari daging ikan ini namanya jadi Sate Pusut.

Cara menghidangkannya, setelah sate dibakar dan ditaruh di piring, disediakan pelengkap potongan lontong, yang dibuat dengan cara dibungkus daun kelapa. Lalu masih ditambah dengan aneka sayuran hijau kukus yang disiram kuah santan kacang campur remukan tempe.  Sungguh mengundang selera. Apalagi bila paduannya es kelapa muda yang disajikan dalam buahnya dan tidak ditambah pemanis buatan.

2709 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply