Sate Klatak Bantul, Sate Berbumbu Garam

Kalau jalan-jalan ke Yogya, jangan lupa untuk menikmati sate klatak dalam salah satu daftar wisata kuliner anda. Apa itu sate klatak? Sate klatak adalah sate khas Bantul, karena tusuk sate ini berbeda dari tusuk sate padang atau sate madura yang biasa Anda nikmati.

Cara memasak sate klatak juga agak berbeda dengan sate umumnya. Karena menggunakan jeruji besi, maka ukuran pemotosngan daging juga harus besar-besar. Meskipun daging yang dipotong dalam ukuran besar, namun jangan khawatir dagingnya tidak matang sempurna, karena besi adalah penghantar panas yang baik, sehingga panas dapat terserap merata dan membuat daging matang dengan sempurna.

Daging sate yang akan dibuat sate klatak juga hanya dibumbui dengan garam. Bumbu satenya juga unik, karena tidak berbentuk bumbu kecap atau bumbu kacang, tetapi disajikan dengan kuah kari yang dipadu dengan kol, mentimun dan tomat.

Jeruji yang akan digunakan memasak sate klatak sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan digosok pasir dan dibersihkan karatnya. Dalam satu porsi sate klatak, bukan 10 tusuk yang akan disajikan, tetapi hanya 2 tusuk per porsinya.

Di mana kita bisa menemukan sate klatak yang enak? Cobalah di Pasar Jejeran, Bantul. Pedagang biasanya buka di malam hari sekitar pukul 19.00 sampai tengah malam. Di sepanjang jalan Imogiri, Anda juga bisa menemukan sate klatak dari siang hari.

Harga satu porsinya mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 20.000,- tergantung dari porsinya, porsi biasa, atau porsi jumbo.

6081 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. API Airline October 4, 2011

Leave a Reply