Sekilas Museum Mulawarman Kalimantan Timur

Kali ini, kita jalan-jalan wisata ke Kalimantan. Tepatnya Kalimantan Timur. Wisata kali ini merupakan wisata budaya atau wisatasa sejarah. Kita akan mengunjungi sebuah musium yang menyimpan banyak sejarah tentang Kalimantan Timur. Musium ini termasuk dari sekian banyak musium yang tertua yang ada. Karena dibangun pada tahun 1963 setelah sebelumnya merupakan bekas dari kesultanan Tenggarong yang merupakan kerajaan Kutai Kartanegara, salah satu kerjaan pertama di Indonesia.Ya musium ini bernama Musium Mulawarman yang terletak di Tenggarong.

Musium ini menjadi bukti sejarah tentang kerjaan Kutai Kartanegara dulu pernah ada di Indonesia. Musium ini menyimpan berbagai barang-barang sejarah. Barang sejarah yang masih disimpan di musium ini adalah benda-benda sejarah yang pernah digunakan oleh Kesultanan seperti Singgasana, Tempat Peraduan, Pakaian Kebesaran, Tombak, Keris, Meriam, Kalung dan Prasasti Yupa serta Koleksi Keramik Cina. Apa itu Singgasana? Adalah tempat duduk sang raja dan permaisuri. Terbuat dari kayu dan terbuat dengan gaya eropa dari Belanda. Kemudian ada pula patung Lembusuwana. Apa itu? Lambang kesultanan Kutai. Karena pada masa Hindu di kusultanan ini, maka patung tersebut merupakan lambang sebuah kendaraan sang maha guru.

Museum Mulawarman

Ada pula perhiasan sang raja dan ratu, meriam sapu jagad yang merupakan meriam pembasmi masa penjajahan Belanda, dan juga prasasti Yupa. Sering kita baca di buku sekolah yang merupakan bukti tertulis pertama yang ditemukan bahwa sejarah Indonesia dari kesultanan ini.

Selain itu setiap tahun dilaksanakan Upacara Erau, yaitu tarian Khas Kedaton Upacara Adat dan Mengulur Naga di Desa Kutai Lama. Dimana pada setiap pelaksanaan Erau juga ditampilkan atraksi Seni Budaya baik berupa tarian tradisional dan Upacara Adat dari berbagai suku lainnya di Indonesia serta mancanegara. Masih banyak peninggalan hal-hal lain yang ada di musium ini bahkan sampai 5.373 barang penginggalan sejarah di musium ini. Banyak sekali bukan. Anda punya cukup lebih seharian untuk dapat mengunjungi seluruh isi musium Mulawarman ini.

Untuk transportasi menuju Tenggarong, anda bisa menempuhnya dengan jalur darat. Yaitu jalur yang bisa anda tempuh melalui kota Balikpapan. Ya, Bandara Internasional Kalimantan Timur berada di Balikpapan, Sepinggan. Anda cukup mencari maskapai penerbangan yang menuju ke Balikpapan. Harga tiket pesawat pun bervariasi tergantung maskapai dan waktu keberangkatan ke Balikpapan. Pilihlah waktu yang cukup panjang sebelum anda menuju wisata musium Tenggarong ini sehingga harga tiket bisa anda dapatkan lebih murah. Setelah sampai di bandara Sepinggan. Anda cukup menyewa taksi atau langsung menyewa jasa tour guide yang harganya berkisar antara Rp 300.000 sampai Rp 600.000 tergantung jenis mobil yang anda sewa. Lama perjalanan sampai Tenggarong sekitar 3-4 jam.

Bisa sih melewati jalur sungai Mahakam. Namun ini sudah jarang dilakukan karena waktunya memakan setengah hari. Untuk tempat menginap, anda bisa menginap di Hotel di Balikpapan, karena kota ini cukup menawarkan kelengkapan layaknya kota-kota besar di Indonesia lainnya. Namun jika anda ingin menginap langsung di kota Tenggarong, kami akan memberikan daftar hotel-hotel yang layak untuk anda inapi selama liburan di Tenggarong, seperti Hotel Grand Elty Singgasana, termasuk hotel berbintang yang cukup mewah dengan kamar sewa permalamnya dari Rp 600.000 hingga Rp 2.400.000. Elty Suites Lesong Batu, merupakan hotel bintang 3 di Tenggarong yang memiliki harga sewa kamar mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000

Parai Kumala Resort & Spa, hotel ini merupakan hotel berbintang yang cukup menawarkan keindahan wisata alam di Tenggarong, harga permalam mulai dari Rp 400.000. Semoga anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan membaca artikel kami untuk bisa menambah wawasan liburan di Kota Tenggarong. Selamat berlibur. (him)

6521 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply