Sekilas Tentang Vihara Chikung di Kalimantan Barat

Vihara Chikung Singkawang

Kali ini wisata budaya dan agama akan kami bahas khusus untuk Anda. Dan masih seputar dunia Borneo. Pulau dengan kekayaan alam paling banyak di Indonesia. Dengan budaya dan sejarah yang tak kalah tua dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

Kini kita ke Vihara Chikung. Dari nama wisatanya saja sudah jelas ini merupakan tempat peribadatan ummat Buddha. Vihara ini ada di Singkawang. Chikung sendiri adalah nama Buddha dengan sejarah keagamaan kental Buddha.

Konon kabarnya Chikung ini sebenarnya adalah anak manusia di mana pada masa itu sangat berbakti kepada kedua orang tuanya. Sepeninggal sang ayah, Chikung tumbuh besar dan menikah layaknya manusia pada umumnya. Namun memilih merantau untuk belajar ajaran Buddha dan menjadi biksu.

Sampailah di suatu vihara dimana dirinya bertemu biksu vihara tersebut. Karena saking laparnya, dirinya diberi makan dan diasuh. Singkat cerita, karena fitnah oleh biksu lain kepadanya, dirinya tidak melakukan tindakan kejahatan apapun, maka dari itu dirinya keluar dari vihara tersebut dan lebih banyak berbuat kebajikan untuk sesama.

Gelar Buddha tidak didapatkannya begitu saja, karena telah banyak membantu sesama maka orang-oranglah yang menggelarinya dengan gelar Buddha.

Dari cerita sejarah singkat di atas sangat jelas bahwa Vihara Chi Kung ini sangat layak menjadi tujuan wisata sejarah dan budaya untuk anda. Di Vihara Chi Kung ini terdapat pintu gerbang yang cukup besar. Dengan ornamen symbol khas kebudayaan daratan China.

Terdapat juga beberapa patung singa dan patung naga. Lampion khas kebudayaan China juga ada di sini. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa di Singkawang kebudayaan China pernah datang di sini beberapa ratus tahun yang lalu.

Di manakah letak Vihara ini? Anda cukup mengakses kota Singkawang, dengan waktu tempuh 30 menit di utara Singkawang, Para penganut Buddha Sekte Maitreya akan menarik minat para pencinta arsitek dan meninggalkan kesan abadi . Karena Anda seperti berada di pendalaman Negara China.

Jangan heran dan bingung. Saat anda memasuki kota Singkawang, kota ini dipenuhi dengan kebudayaan etnis Tionghoa. Karena kota ini pun dikenal dengan kota seribu kuil. Banyak sekali kuil umat Buddha yang bisa Anda temukan. Apalagi khas dengan hiasan naga dan warna merah menyalanya.

Jangan bingung untuk mencapai Vihara Chikung ini. Karena setelah anda masuk ke pusat kota, anda juga menemukan Vihara. Namun bukan itu Vihara Chikung. Itu adalah Vihara Tri Dharma Raya. Anda perlu ke utara lagi untuk bisa sampai di Vihara Chikung.

Cukup dengan mengakses Ibu Kota Pontianak melalui bandara, karena asumsi kami anda jauh di luar Kalimantan Barat. Maka yang perlu anda persiapkan adalah tiket pesawat. Kami patokan harga antara penerbangan Jakarta – Pontianak yaitu mulai dari Rp 500.000 hampir di semua maskapai penerbangan.

Anda tidak perlu cemas karena bandara Pontianak sudah melayani penerbangan hingga ke Malaysia. Setelah anda sampai bandara Supadio yang terletak 17 kilometer dari pusat kota ini, maka anda dapat langsung menuju hotel atau penginapan yang ada di Singkawang.

Untuk hotel di Singkawang, belum ada hotel berbintang tiga yang standar kualitasnya terjamin. Namun anda jangan resah karena masih ada hotel bintang satu dan dua yang bisa menjadi referensi anda dalam mencari hotel di Singkawang.

Berikut hotel yang bisa kami jadikan saran untuk anda. Palapa Beach Hotel, hotel ini terletak di dekat pantai. Sehingga sangat pas untuk anda yang juga bisa menikmati pantai Kalimantan. Hotel Sentosa, terletak di jalan Kom. Yos Sudarso, Singkawang, Indonesia. Atau Hotel Khatulistiwa, terletak di jalan P. Diponegoro No. 25, Singkawang, Indonesia.

Dari daftar hotel tersebut adalah beberapa hotel yang telah mendapatkan beberapa penilaian dari berbagai website orang-orang yang menceritakan pengalamannya di sana. Selamat berlibur. (him/Sumber Gambar)

10401 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply