Sisi Liar Bali

Pesona Indonesia Menilik Sang Naga Komodo Nan Eksotik

Karena sulit diakses, Bali Barat (atau lebih tepatnya Bali Barat Laut) selalu minim turis, baik lokal maupun internasional. Justru karena itulah kawasan ini cocok bagi pelancong yang mencari kedamaian alam Pulau Dewata, kondisi yang kontras dengan riuh semacam Kuta dan Seminyak. Durasi perjalanan ke Bali barat memang sangat menguras kesabaran: empat jam! Kita hanya bisa menjangkaunya dengan mobil melewati jalan sempit yang dipenuhi lubang, atau dengan naik perahu jika Anda bertolak dari Jawa Timur.

Namun, perjalanan itu sebenarnya bisa menyenangkan. Tergantung rute yang dipilih, mobil akan menembus perbukitan sejuk dan sawah hijau, atau menyusuri pantai-pantai elok. Ada dua rute menuju Bali Barat, rute utara dan selatan. Rute utara akan membawa Anda melewati kawasan pesisir Lovina, sementara rute selatan cenderung lebih ramai karena merupakan jalur utama dari dan ke Pulau Jawa.

Bali Barat merupakan kawasan minim penduduk yang menawarkan rangkaian pantai bersih berpasir hitam serta suasana damai. Keindahan ini didongkrak oleh keberadaan taman nasional satu-satunya di Pulau Dewata. Taman Nasional Bali Barat (TNBB), area konservasi dengan luas lebih dari 19.000 hektar atau sekitar 10% dari total lahan di Bali.

Tidak aneh jika kemudian TNBB menjadi objek dominan di daerah ini. Para penyelam lazim menjadikannya launching point menuju Pulau Menjangan yang masih menjadi bagian dari taman nasional. TNBB juga merupakan rumah bagi burung asli lokal Jalak Bali yang populasinya kini terus menyusut. Banyak orang khawatir satwa ini akan punah seperti saudaranya yang asli dari Bali, harimau Bali.

Untuk melihat burung Jalak Bali yang ekslusif ini tur birdwatching dapat dimulai dengan mendatangi kantor TNBB di desa Cekik, selatan Gilimanuk (tarif masuk Rp. 25.000,- per orang). Anda juga wajib menyewa jasa pemandu agar tidak menyimpang dari rute dan tersesat di tengah rimba. Tarif pemandu bisa ditawar, tapi kebanyakan berkisar antara Rp. 50.000,- dan Rp. 100.000,- tergantung medan yang diinginkan.

Selain Jalak Bali, TNBB dihuni banteng, babi rusa, kancil serta macan tutul. Satwa yang terakhir ini sangat sulit dilacak. Beberapa pihak malah mempertanyakan kelanjutan eksistensi predator gesit tersebut. Tanyakan kepada pemandu atraksi apa saja yang bisa disaksikan, karena biasanya mereka menguasai jalur-jalur tersembunyi dan metode mencari satwa. Jalur yang paling populer bagi pengamat burung adalah Tegal Bunder dengan waktu tempuh dua jam dan medan yang relatif bersahabat. Jalur Gunung Klatakan lebih berat dan lama (lima jam) namun pemandangannya jauh lebih eksotis.

Jika anda menyukai fotografi, jangan lewatkan Gunung Patas dan Gunung Merbuk di timur TNBB. Keduanya merupakan titik tertinggi di kawasan hijau ini, dan pemandangan dari puncaknya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Pemandu hiking juga bisa didapatkan di kantor taman nasional.

Masih di daerah timur, terdapat Teluk Gilimanuk di semenanjung Prapat Agung, yang patut disambangi jika Anda menginginkan wisata bahari yang lebih ekslusif dan privat, namun tentunya dengan biaya yang sedikit lebih mahal. Wisata bahari unggulan juga terdapat di Pulau Menjangan di sebelah barat daya yang bisa dicapai dengan speedboat dari Labuan Lalang, kawasan yang dihuni resor-resor premium termasuk Mimpi Resort Menjangan dan Waka Shorea Resort. Mimpi Resort Menjangan mempunyai sumber mata air panas alami yang disalurkan ke setiap villanya, sementara Waka Shorea Resort menawarkan pengalaman unik menginap di hutan tropis.

Pulau Menjangan sangat cocok untuk diving dan snorkeling, disebabkan habitatnya yang relatif terlindungi dari terpaan arus kencang dan ekosistem baharinya yang sangat kaya. Tipe diving di Menjangan adalah wall diving, dengan bonus visibilitas horisontal mencapai 50 meter di bulan-bulan terbaik (April-November).

Di darat, Pulau Menjangan menawarkan wisata religi bagi mereka yang malas berbasah-basahan. Rangkaian pura yang terdiri dari Gili Kencana, Kleting Sari, dan Segara Giri diyakini banyak orang efektif mengabulkan pasangan yang mendambakan keturunan. Jangan kaget jika berkeliling di pulau ini anda diikuti oleh rusa.

Selain Menjangan, kawasan diving bisa ditemukan di Pemuteran, sekitar 15 menit dari TNBB. Pemuteran juga memiliki beberapa prestasi membanggakan, antara lain menjadi pusat pengembangan proyek terumbu karang buatan “biorock” serta area penangkaran penyu. Tidak hanya itu, Pemuteran ternyata merupakan sentra industri anggur Bali, sekaligus tempat ideal untuk melihat ikana lumba-lumba bermain di laut.

Anda bisa memilih untuk menginap di daerah Gili Manuk, Pemuteran, atau Lovina yang notabene berjarak cukup dekat dari TNBB. Tarif akomodasi di daerah-daerah ini lebih murah dibandingkan Mimpi Resort Menjangan dan Waka Shorea Resort, dan Anda tetap mendapatkan kemewahan seperti yang ditawarkan resort berbintang lima: kedamaian ala Bali 20 tahun silam.

Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta – Denpasar pp 76 kali per minggu. Bali Barat bisa dijangkau menggunakan kendaraan melalui dua rute, utara dan selatan dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. (Arvada Haradiran, Majalah Garuda Indonesia Februari 2012)

6891 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply