Suaka Margasatwa Sembilang, Lokasi Burung Migran

Dibandingkan dengan suaka margasatwa, orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat berbagai binatang biasanya hanya di kebun binatang. Sedangkan suaka margasatwa lebih seperti hutan lindung, biota darat dan air yang dilindungi. Banyak sekali baik tumbuhan langka, satwa langka, yang ada di suaka margasatwa. Karena lokasinya yang lebih luas dan merupakan hutan inilah banyak orang yang lebih jarang mengunjungi suaka margasatwa. Apalagi yang dibayangkan dari suaka margasatwa adalah alam liar dengan medan yang berat. Suaka margasatwa yang akan dibahas adalah Sembilang, Sumatera Selatan.

Suaka margasatwa ini memiliki luas hingga 45.000 hektar. Memiliki satwa dilindungi yang hampir punah seperti bangau tongtong, bangau putih, sindang lawe, pelican, itik liar, rajawali, rangkong jambul dan katingkareng, bahkan terdapat pula buaya dan lumba-lumba air tawar dan masih banyak lagi satwa dilindungi yang bisa anda lihat di Suaka Margasatwa Sembilang. Bahkan ada beberapa Harimau Sumatera yang sudah hampir punah dan dianggap legenda oleh masyarakat sekitar. Banyak yang mengatakan ini Taman Nasional, apapun namanya, suaka margasatwa ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Bangau Blowok di Taman Nasional Sembilang

Kawasan Suaka Margasatwa Sembilang yang sebagian besar terdiri dari kawasan mangrove dengan banyak muara sungai dan dataran lumpur yang luas, merupakan kawasan pesisir yang subur dan kaya akan keanekaragaman hayati. Suaka Margasatwa Sembilang yang terletak di pesisir timur Propinsi Sumatera Selatan merupakan kawasan lahan basah yang sebagian besar terdiri dari hutan mangrove dengan hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang terletak di belakangnya. Bagaimana cara menempuh hingga ke suaka margasatwa ini?

Untuk menjangkau kawasan Suaka Margasatwa Sembilang dapat ditempuh melalui jalur kapal motor (speedboat) 40PK selama ± 2 jam perjalanan dari ibukota kecamatan Banyuasin II (Sungsang) atau ± 4 jam dari ibu kota propinsi Sumatera Selatan (Palembang). Sehingga anda perlu biaya tambahan karena menjangkau wilayah ini pun tidaklah murah. Namun tetap menyenangkan berpetualang di hutan lindung ini. Cuaca yang cukup terik karena masih dalam kawasan hutan tropis. Setidaknya anda melihat atau bertanya pada  pemandu wisata untuk kelengkapan jika musim hujan tiba.

Bagaimana dengan penginapan? Tentu karena ini suaka margasatwa tidak dimungkinkan menginap dengan jarak dekat atau tidak adanya penginapan di dekat suaka margasatwa. Tetapi anda bisa mencari hotel atau penginapan di Ibukota Kabupaten Banyuasin. Hotel yang tersedia dan berbintang adalah Hotel Ranggonang yang terletak di alamat Jl. Merdeka 245 Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Atau bisa menginap di hotel di Palembang. Walau jarak tempuh nantinya lebih jauh, hotel lebih banyak di ibu kota propinsi daripada ibu kota kabupaten. Berikut daftar hotel yang bisa anda tinggali untuk menginap.

Hotel Horison Palembang. Hotel berbintang empat.

Hotel Aryaduta Palembang. Hotel berbintang lima.

The Jayakarta Daira Palembang. Hotel berbintang empat.

Novotel Palembang. Hotel berbintang empat.

Dan masih banyak hotel dan tempat penginapan lainnya yang bisa anda jadikan tempat beristirahat di kala liburan bersama keluarga di suaka margasatwa Sembilang. Untuk memudahkan keamanan dan keselamatan, ada baiknya Anda membawa kotak kesehatan darurat sendiri. Karena walaupun bersama pemandu wisata, banyak hal yang di luar kendali anda yang memungkinkan beresiko dalam perjalanan di dalam hutan.

Jika Anda dari luar Palembang, cukup dengan mengakses bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Anda bisa mengakses Palembang dari berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai maskapai penerbangan. Selamat menikmati liburan di Suaka Margasatwa Sembilang.

6115 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply