Sumber Air Panas Gemuhak, Wisata di Sumatera Selatan

Wisata alam memang menarik. Namun tidak semua alam di Indonesia bisa menyuguhkan wisata yang menarik. Sekarang sudah banyak wisata alam yang dieksplorasi dengan cermat atau malah beralih fungsi menjadi hal yang tidak semestinya. Kali ini, saya akan membawa Anda ke sebuah wisata alam menarik yang terdapat di daerah Sumatera Selatan. Di mana tepatnya dan lokasi wisata alam apa ini? Ya, tepatnya di di Kabupaten Muara Enim yang terletak di puncak bukit Umang, dekat desa Penindaian, Kecamatan Semendo, terdapat sebuah sumber air panas yang dinamakan GEMUHAK.

Sumber air panas ini memiliki panas hingga mencapai 97 derajat celcius. Saking panasnya, anda bisa berwisata sambil membawa bekal telur mentah untuk dapat dimasak di sana. Cukup mencelupkan telur tersebut dengan perantara sebuah tongkat kayu yang telah dimodifikasi dengan tempat telur sehingga anda tidak perlu lagi menceburkan diri ke air panas untuk mencobanya. Selain itu, sumber air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit. Jika anda berhasil ke daerah ini, anda sendiri akan mendapatkan daerah ini cukup panas, walau belum benar-benar sampai ke sumber air panas.

Karena lingkungan hutan lebat ini bersuhu hingga di atas 100 derajat celcius. Itu sih kata penduduk sekitar. Namun jangan permasalahkan masalah suhu di sana. Sumber air panas ini sebenarnya merupakan geothermal yaitu potensi perut bumi yang menyemburkan lumpur panas di dasar sumber mata air. Sehingga air yang terbawa otomatis menjadi panas.

Sumber air panas ini bahkan memiliki dua mata air. Letaknya saja sekitar 70 kilometer dari Muara Enim. Bagaimana cara mengakses dari Muara Enim? Karena letaknya yang jauh, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan rental, pribadi, atau dengan angkot. Sebenarnya tidak hanya sumber air panas saja yang bisa anda temui setelah sampai di lokasi wisata. Ada air terjun juga. Sehingga menuju tempat wisata ini bisa dilalui via dua jalur. Melalui bukit dan melalui alur sungai. Ada jarak 6 kilometer yang harus di tempuh berjalan kaki lebih dari dua jam.

Namun Anda tidak akan menyesal jika sudah mencapai tempat wisata ini. Karena sepanjang berjalan kaki melalui perbukitan, masih asri dan asli perkebunan. Sayangnya karena termasuk hutan lindung, anda tidak akan menemukan penginapan bahkan yang dikelola masyarakat sekalipun. Sehingga anda harus menginap jauh di Muara Enim.

Sumber sumburan air panas Gemuhak tidaklah di satu lokasi, di atas disebutkan hingga dua lokasi. Bahkan karena tertutup batu, sehingga air yang muncul dari mata air berasap dan beberapa kali lumpur panas menyembur ke atas. Interval waktu semburan juga berbeda-beda. Jangan khawatir semburan ini aman, karena tidak seperti semburan lumpur yang banyak dikenal.

Kita akan bahas penginapan di Muara Enim. Karena dekat dengan sumber air panas Gemuhak belumlah benar-benar terekspos kejelasannya, jadi anda bisa mengambil penginapan dari Muara Enim saja. Berikut daftar hotel dan alamatnya yang bisa anda hubungi.

• Ambarsari Hotel Muara Enim -Jln. Duta No. 77, Tanjung Enim +62-734-51248

• Ardian Hotel Muara Enim -Jln. Lingga Raya Km. 1, Tanjung Enim +62-734-5245

• Charleo Hotel Muara Enim -Jln. Talang UBT Pendopo

• Indah Raflesia Muara Enim -Jln. Lingga Raya 30, Tanjung Enim +62-734-51079

• Permana Hotel Muara Enim -Jln. Talang Ubi No. 03, Pendopo +62-734-21096

Dari daftar hotel di atas, anda bisa langsung berkunjung ke Muara Enim dan langsung menuju sumber air panas Gemuhak. Menikmati air panas yang bisa menyehatkan kulit, dan juga indahnya alam asri perbukitan hutan lindungnya. (him)

6697 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. ruly hani maderi December 22, 2012

Leave a Reply