Taman Bermain Mattampa Di Pangkep

Berkunjung ke Makassar Sulawesi Selatan? Tak ada salahnya mencoba mengunjungi Mattampa di Pangkep, sebuah taman bermain yang mirip dengan Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta. Jaraknya dari Makassar kurang lebih 50 (lima puluh) kilometer. Transportasi ke Pangkep juga bisa Anda pilih dengan menyewa mobil pribadi atau menggunakan kendaraan umum.

Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah penghasil ikan bandeng. Yang menarik, selain ikan bandengnya, Pangkep saat ini gencar mempromosikan taman bermain Mattampanya. Meski tidak sebesar dan selengkap Dufan, Mattampa sangat menarik dan menjadi salah satu objek wisata tujuan masyarakat lokal untuk menghabiskan hari libur mereka.

Berbeda dengan Dufan yang tampil lebih modern, Taman Bermain Mattampa mengusung konsep menyatu dengan alam. Di sebelahnya, tampak pegunungan karst menjadi pemandangan dan pesona wisata tersendiri di samping objek-objek permainan.

Pegunungan karst yang terlihat dari taman bermain Mattampa, memiliki banyak goa-goa dan panorama alamnya yang indah. Diyakini, pegunungan karst di Pangkep tersebut sebagai pegunungan karst kedua terbesar di dunia setelah China.

Dengan jarak sekitar 50 Km dari Makassar, dengan transportasi umum kita bisa mencapainya dalam dua jam. Kendaraan roda dua menjadi alat transportasi alternatif untuk mencapai objek wisata taman bermain Mattampa Pangkep ini. Harga tiket parkir untuk roda dua adalah Rp. 1.000,- dan tiket parkir untuk kendaraan roda 4 adalah Rp. 2.000,-

Selain taman bermain, objek wisata Mattampa juga memiliki museum. Museum yang dimaksud adalah Museum Karst, di mana di dalamnya terdapat batuan karst yang telah dikumpulkan dan berbagai hewan yang ditemukan di pegunungan karst tersebut.

Tiket masuk yang harus Anda bayar adalah sebesar Rp. 5.000,- untuk dewasa, dan Rp. 3.000,- untuk anak-anak. Terdapat dua patung kuda berwarna putih yang akan menyambut Anda di depan objek wisata Taman Bermain Mattampa. Seperti hendak mengucapkan “Selamat Datang” kepada seluruh pengunjung yang memasuki pintu gerbang taman bermain yang asri ini.

Dengan konsep mirip seperti out bond atau petualangan di alam terbuka, Taman Bermain Mattampa menawarkan permainan seperti meniti tali, bergelantungan dan permainan lain yang menguji keberanian dan adrenalin kita. Berteriak sekencang-kencangnya bisa Anda lakukan ketika mencoba permainan yang ada. Komidi putar adalah alternatif yang banyak dipilih oleh anak-anak.  Permainan lain yang digemari oleh keluarga yang membawa anaknya adalah bebek-bebekan dan kereta wisata.

Bagi yang menyukai permainan air, bisa memanfaatkan kolam renang untuk berenang dan mandi sepuasnya. Sengaja pengelola membangun mirip dengan konsep waterboom seperti yang ada di kota-kota besar. Sayangnya, harga tiket sebesar Rp. 5.000,- tersebut adalah hanyalah tiket masuk. Jika ingin mencoba semua wahana permainan yang ada, kita bisa membeli tiket terusan seharga Rp. 25.000,-.

Gua Karst

Pegunungan Karst yang ada di samping Taman Bermain Mattampa selain dapat dinikmati keindahannya, ternyata juga menjadi sumber mata air bagi kolam renang yang ada di Taman Bermain Mattampa tersebut. Tarif untuk dapat masuk ke dalam kolam renang adalah Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk anak-anak. Tarif tersebut berlaku untuk weekend atau Sabtu dan Minggu dan hari raya. Di luar hari tersebut, harga didiskon 50%.

Kejernihan dan kesegaran air di kolam renang tidak usah Anda ragukan lagi. Dengan sumber yang berasal dari pegunungan karst, air selalu terjaga kebersihannya. Lelah dan penat yang Anda rasakan setelah seharian berwisata di Taman Bermain Mattampa akan hilang dengan sendirinya, berganti kesegaran. Dalamnya kolam renang bervariasi, dan bagi orang dewasa, ada yang mencapai 4 meter. Fasilitas bermain air seperti waterboom juga bisa Anda dapatkan di kolam renang ini.

Gua-gua pegunungan karst nampak di sebelah kanan dari lokasi permainan. Jika ingin masuk ke dalam gua, disarankan untuk membawa penerangan karena kondisi di dalam gua sangat gelap. Anda bisa membawa senter dari rumah, atau membeli lilin yang banyak dijajakan oleh anak-anak penduduk lokal seharga Rp. 1.000,- per batangnya.

Fasilitas taman bermain Mattampa ini sangat lengkap. Disediakan juga tempat-tempat beristirahat semacam gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantap bersama keluarga. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah atau bisa juga membelinya di lokasi wisata. Di lokasi wisata, Anda dapat membeli berbagai makanan khas Sulawesi Selatan seperti ikan bakar atau sop sodara.

4980 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

3 Comments

  1. arman January 26, 2011
  2. Nyoman Alexander,SH June 22, 2011
  3. ady saputra August 11, 2011

Leave a Reply