Taman Narmada, Miniatur Gunung Rinjani

Jika hendak berkunjung ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, pasti kebanyakan orang berpikir tentang wisata pantai karena Lombok memang memiliki pantai-pantai yang indah. Namun jika kamu sudah bosan dengan wisata pantai, inilah saatnya kamu mencoba wisata yang menarik lainnya. Coba kamu ke Taman Narmada yang terletak kira-kira 10 kilometer ke sebelah Timur dari Kota Mataram. Lebih tepatnya, Taman Narmada terletak di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Taman Narmada merupakan tempat sakral di mana Raja Mataram, Anak Agung Gede Ngurah Karangasem, memuja Dewa Siwa.

Taman-Narmada

Taman Narmada sungguh menyimpan banyak sejarah karena dibangun pada tahun 1727 dengan luas sekitar dua hektar. Taman Narmada sengaja dibangun untuk pelaksanaan Upacara Pakelem pada setiap purnama kelima tahun Saka. Taman Narmada dibangun seperti duplikat Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Di dua tempat itu, para raja mekakukan ritual kurban, namun karena semakin tua maka para raja tidak mampu lagi mendaki Gunung Rinjani. Maka dari itu, Raja Mataram membangun Taman Narmada lengkap dengan kolam air yang menyerupai Danau Segara Anak.

Nama Narmada sendiri berasal dari nama Narmadanadi, anak Sungai Gangga, yang dianggap suci oleh Umat Hindu. Pada masa kerajaan Mataram ketika itu, selain digunakan untuk Upacara Pakelem, Taman Narmada juga digunakan untuk beristirahat para anggota keluarga raja karena udara di sekitar taman ini sangat sejuk. Para keluarga raja akan berbondong-bondong ke Taman Narmada khususnya pada musim kemarau yang panas. Sama seperti yang dicari wisatawan saat ini, mereka mencari kesejukan yang ada di Taman Narmada. Tiap akhir pekan, Taman Narmada tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Untuk menikmati keindahan Taman Narmada ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,-. Murah kan? Dengan tiket semurah itu, kamu bisa melihat taman lengkap dengan kolam-kolamnya. Di bagian atas taman terdapat sebuah pura bernama Pura Kalasa. Untuk mencapai pura ini, kamu harus menaiki anak tangga yang cukup banyak. Tangga ini sengaja dibuat karena Raja Mataram ingin menciptakan suasana yang serupa dengan pendakian ke Gunung Rinjani. Jika berkunjung ke Taman Narmada, kamu juga bisa menikmati keindahan taman yang dilengkapi dengan kolam-kolam yang tidak kalah indah.

Taman dan kolam itu terlihat sangat asri dan alami seolah masih dalam masa Kerajaan Mataram. Kamu juga bisa menemukan Balai Pertirtaan yang sumber airnya berasal dari Gunung Rinjani. Balai Pertirtaan ini juga merupakan tempat pertemuan tiga sumber mata air, yaitu Suranadi, Lingsar, dan Narmada. Konon siapa saja yang mencuci muka dan minum air di Balai Pertirtaan itu akan awet muda. Silahkan buktikan sendiri ya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati salah satu kolam yang dijadikan kolam renang bagi masyarakat umum.

5648 Total Views 6 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply