Taman Nasional Danau Sentarum

Jika anda berkesempatan jalan jalan ke Kalimantan Barat, tak ada salahnya mengunjungi Taman Nasional Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu. Sebuah taman nasional hutan hujan tropis yang memiliki ekosistem lahan basah, danau dan rawa.

Danau Sentarum

Transportasi Menuju Danau Sentarum

Untuk bisa mencapai Danau Sentarum, anda bisa berangkat dari Pontianak, melalui Sintang, dan menuju je Semitau. Jika menggunakan mobil, anda bisa menempuhnya selama 11 jam perjalanan. Tetapi ada alternatif lain, anda bisa memakai longboat atau bandong dari Sintang menuju Semitau yang ditempuh selama 7 jam. Semitau menuju Danau Sentarum masih harus anda tempuh dengan perahu motor jurusan Lanjak. Menempuh perjalanan panjang menggunakan longboat akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak bakal bisa anda lupakan.

Berada di sekitar Sungai Kapuas, terdiri dari bukit dan dataran tinggi, dan merupakan penyangga mata air untuk daerah sekitar. Apa saja tanaman yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum? Ada tanaman yang hanya bisa kita temukan di Taman Nasional Danau Sentarum yang bernama tembesu atau Shorea beccariana. Ada juga jelutung atau Dyera costulata, meranti atau Shorea sp dan ramin atau Gonystylus bancanus.

Jika danau lain memiliki air yang jernih dan cenderung terlihat kebiru-biruan, Taman Nasional Danau Sentarum memiliki danau yang berwarna hitam kemerahan. Warna tersebut karena mengandung tannin karena berada dekat dengan hutan gambut. Danau Sentarum pada saat saat tertentu memiliki kedalaman hingga 8 meter dan menggenangi hutan yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum.

Danau Sentarum Terkadang Kering

Namun pada saat kemarau dan jarang turun hujan, kedalaman Danau Sentarum berkurang cukup drastis. Hal tersebut dikarenakan air di Sungai Kapuas juga berkurang, dan air Danau Sentarum menjadi mengalir menuju Sungai Kapuas. Jika sudah mulai mengalir menuju Sungai Kapuas, danau menjadi kering dan ikan-ikan yang sebelumnya ada di danau, menjadi berada di kolam-kolam cekungan yang kecil. Tak jarang, ikan juga ikut mengalir menuju sungai.

Objek Wisata Selain Danau

Karena ini adalah namanya Taman Nasional Danau Sentarum, tentu saja objek wisata yang bisa kita kunjungi tidak hanya danau saja. Anda bisa mengunjungi Bukit Lanjak, Bukit Tekenang, dan juga Nanga Kenelang. Dengan luas 132 ribu kektar, Taman Nasional Danau Sentarum sangat luas untuk anda jelajahi.

Ada sekitar dua puluh buah danau yang bisa anda temui. Jumlah air yang mampu ditampungnya dalam satu tahun diperkirakan sebanyak 16 triliun kubik. Dan danau menjadi habibat ikan khas Kalimantan, ikan arwana atau Scleropages formosus. Namun populasinya kini bisa dibilang hampir tak ada lagi.

Hutan yang terdapat di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum adalah Hutan Rapak Gelgah, Hutan Pepah, dan Hutan Kerangas. Jumlah flora yang ada sebanyak 675, dan memiliki 147 jenis reptil.

Kehidupan Masyarakat Sentarum

Suku Dayak yang merupakan suku asli masyarakat Kalimantan, adalah penduduk yang berada di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum tersebut, terdiri dari suku Dayak Sabaruk, Dayak Kenyah, Dayak Iban, Dayak Punan dan Dayak Sontas. Mereka tinggal dalam Rumah panjang, dan bisa sampai 30 kepala keluarga dalam satu rumah.

2677 Total Views 2 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. chim February 11, 2012

Leave a Reply