Taman Nasional Taka Bonerate Di Selayar Sulawesi Selatan

Anda hobi menyelam? Jika iya, maka Taman Nasional Taka Bonerate menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Mengapa? Karena Taman Nasional Taka Bonerate memiliki luas atol kurang lebih 220.000 hektar. Masih ditambah juga dengan terumbu karang yang luasnya tak kurang dari 500 kilometer persegi. Indahnya? Jangan ditanya lagi. Anda tak perlu meragukannya.

Karang atol yang ada di taman nasional sangat terbatas jumlahnya di dunia ini. Indonesia memilikinya di Taman Nasional Taka Bonerate, yang merupakan tempat terluas ketiga di dunia yang memiliki karang atol. Yang pertama dan kedua diduduki oleh Kepulauan Marshal dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva.

Jika Anda berencana jalan-jalan ke Taman Nasional Taka Bonerate, maka waktu yang tepat adalah bulan April, Mei, Juni, Oktober, November dan Desember. Untuk menuju Selayar, Anda dapat mencapainya dari Makassar. Carilah bis yang menuju Bulukumba. Perjalanan memang lumayan jauh. Makassar – Bulukumba dapat Anda tempuh 5 jam perjalanan. Dari Bulukumba, Anda harus menuju Pelabuhan Pamatata Selayar menggunakan ferry selama dua jam. Setelah itu menuju Benteng membutuhkan waktu hingga dua jam. Jika sudah di Benteng, perjalanan terberat adalah menuju ke pulau terdekat yang masih harus ditempuh dengan kapal kayu selama lima jam. Tapi untu keindahan Taman Nasional Taka Bonerate, waktu dan usaha tersebut akan sebanding.

Beberapa data yang bisa Anda ketahui tentang Taman Nasional Taka Bonerate antara lain temperatur perairan 28° – 32° C, kecerahan 80 – 100 %, pasang surut 1 – 1,5 meter, musim Barat Januari s/d Maret, musim Timur Juli s/d September, dan kecepatan angin 33 – 50 cm/detik. Beberapa tumbuhan yang bisa Anda temui di sana antara lain adalah Kelapa, Pandan Laut, Cemara Laut dan Ketapang.

Anda akan disuguhi oleh deretan atol berupa gugusan pulau-pulau gosong. Terumbu karangnya sangat luas, tak habis mata memandang, Anda dapat melihat berbagai jenis terumbu karang. Terumbu karang-terumbu karang tersebut membentuk pulau-pulau yang sangat banyak jumlahnya. Sedangkan diantara pulau-pulau gosong karang terdapat selat-selat sempit. Pada saat air laut surut, deretan terumbu karang tersebut nampak memiliki kolam kecil yang berisi genangan air.

Taman Nasional Taka Bonerate memiliki 261 jenis terumbu karang. Ke 261 jenis terumbu karang tersebut berasal dari 17 famili yaitu Fungia concinna, Porites cylindrica, Pocillopora eydouxi, Pavona clavus, Acropora palifera dan Montipora danae. Terumbu karang tersebut membentuk gugusan terumbu karang atol dan terumbu tepi. Hingga kini masih banyak yang alami dan belum rusak oleh tangan-tangan jahil manusia.

Selain terumbu karang, Taman Nasional Taka Bonerate juga memiliki beberapa hewan dan ikan jenis tertentu yang bisa Anda jumpai di sana. Taman Nasional Taka Bonerate memiliki 295 jenis ikan. Ikan tersebut beberapa jenis bisa dikonsumsi manusia dan beberapa lagi tidak. Ikan yang ada antara lain Kerapu, Cakalang, Napoleon dan Baronang.

Sedangkan hewannya antara lain Siput, kerang kepala kambing, kerang mutiara, batulaga dan kima sisik. Anda juga bisa menjumpai penyu sisik, penyu hijau dan penyu lekang jika sedang beruntung. Namun, tidak semua pulau yang ada di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan ini bisa Anda gunakan untuk menyelam, karena sampai saat ini, baru 15 pulau yang diijinkan sebagai lokasi penyelaman.

So guys, siap-siap jalan-jalan ke Taman Nasional Taka Bonerate dan snorkeling di sana?

2946 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply