Tanah Lot, Ketika Senja Menjadi Menakjubkan

Tak lengkap rasanya jalan-jalan ke Bali tanpa mampir ke objek wisata yang satu ini. Tanah Lot, demikian namanya. Sebuah keindahan alam yang elok dengan batu karang dan pantai, berpadu dengan pura tempat ibadah. Gelombang air laut yang membentuk batu karang menjadi seperti sekarang ini telah berpuluh tahun terjadi.

Jika teman-teman bermaksud untuk jalan-jalan di Bali, Tanah Lot adalah objek wisata yang wajib kunjung. Berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Tanah Lot dalam bahasa Bali berarti “Tanah Yang Menjorok Di Tengah Laut”.

Tanah Lot

Tanah Lot, selain menawarkan keindahan alamnya, juga merupakan lokasi bersembahyang bagi umat Hindu Bali, karena di Tanah Lot terdapat dua buah pura. Satu pura berada di atas tebing karang batu yang ada di tengah laut tersebut. Satu pura lagi, berada di atas batu karang di dekat pintu masuk menuju objek wisata ini.  Masyarakat di sana memakainya sebagai tempat memuja dewa penjaga laut.

Jika tak sekedar jalan-jalan, teman-teman bisa bertanya pada local guide tentang legenda yang selama ini dipercayai sebagai cerita proses terbentuknya Tanah Lot. Danghyang Nirartha, Brahmana  dari Kerajaan Majapahit-lah yang membangun pura tanah lot. Tetapi karena pengaruhnya yang besar, penguasa Desa Beraben mengusirnya. Bongkahan batu tempat pura berdiripun dipindahkannya ke tengah laut sebelum meninggalkan Tanah Lot. Ular penjaga Tanah Lot, dipercaya sebagai jelmaan selendang Danghyang Nirartha.

Kapankah saat yang tepat untuk berkunjung ke Tanah Lot? Sore hari ketika matahari akan tenggelam. Senja menjadi sangat menakjubkan karena awan yang cerah dan matahari yang berwarna kemerahan hendak tenggelam, menampilkan perpaduannya yang sempurna. Batu karang Tanah Lot yang indah, dengan siluet pura di atasnya, menghasilkan pemandangan yang menakjubkan.

Datanglah ke Tanah Lot saat cuaca sedang cerah. Jika mendung dan dalam keadaan hujan, pemandangan yang saya ceritakan di atas tidak akan terlihat dengan baik. Juga, saat air laut dalam keadaan pasang, pura Tanah Lot yang berada di atas batu karang menjadi tidak bisa didekati.

 

6751 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply