Tangkuban Perahu, Mengenang Legenda Yang Hampir Lupa

Wisata alam ke gunung? Mungkin bagi banyak orang hal itu terlalu berbahaya. Karena gunung sendiri lebih sering dijadikan tempat wisata bagi mereka yang gemar petualangan. Rela berlama-lama berada ditengah alam liar di ketinggian beribu-ribu meter dari atas permukaan laut. Menginap di alam bebas dengan segala keterbatasan, membuat wisata ke gunung seperti perjuangan hidup. Namun, berbeda dengan Tangkuban Perahu. Gunung ini telah banyak dikunjungi dan merupakan salah satu dari sekian banyak gunung di Indonesia yang cukup menarik.

Identik orang mengenal wisata gunung ini berada di kota bandung, tepatnya di Lembang di utara Kota Bandung. Khas kota ini adalah udaranya yang sejuk dan banyaknya perkebunan teh. Seperti kota-kota di bukit-bukit yang berada di Indonesia. Anda dapat mengakses Bandung dari Jakarta, menggunakan tol Cipularang. Atau melalui bandara Bandung yaitu, Husein Sastranegara melalui bandara-bandara di kota-kota besar yang ada. Ada daftar tiket yang bisa anda lihat seperti dibawah ini,

1. Denpasar Bali ke Bandung harga tiket mulai Rp 220.000

2. Medan ke Bandung harga tiket mulai Rp 274.000

3. Surabaya ke Bandung harga tiket mulai Rp 164.000

4. Jakarta ke Bandung harga tiket mulai Rp 94.000

5. Yogyakarta ke Bandung harga tiket mulai Rp 352.000

6. Makassar ke Bandung harga tiket mulai Rp 468.000

7. Balikpapan ke Bandung harga tiket mulai Rp 491.000

Harga tiket diatas tentu dengan kisaran harga tiket paling rendah yang pernah didapatkan, namun bisa berubah sewaktu-waktu. Jika anda sudah mencapai Bandung, anda perlu menempuh waktu 30 menit dari kota untuk mencapai Lembang, sayangnya masih sekitar 1 jam lagi untuk anda mencapai Tangkuban Perahu. Jalan menuju Lembang, anda akan disuguhi banyak tempat wisata yang mendukung wisata utama, seperti adanya pemandian air panas. Jalan menuju Lembang juga cukup baik bisa dilalui kendaraan. Untuk tiket masuk Tangkuban Perahu anda akan dipatok dengan kisaran harga Rp 15.000-20.000 tergantung kendaraan yang masuk ke wisata ini.

Tangkuban Perahu sangat terkenal dengan 3 kawahnya yang indah, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Tiga kawah ini letaknya berbeda antara satu dengan yang lain. Tentu kawah ini ada yang bisa dijadikan tempat wisata ada yang tidak. Ada beberapa penjelasan untuk 3 kawah ini:

Kawah Ratu merupakan kawah yang paling sering dikunjungi. Karena kawah ini dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi sekelas mobil. Bahkan bis pun bisa parkir dikawasan ini walau tidak sejauh mobil yang bisa lansung mengakses kawah ratu. Apa kelebihan kawah ini selain aman? Selain aman, kawah ini juga sudah banyak dipenuhi para masyarakat sekitar yang menjual souvenir untuk oleh-oleh.

Kawah Upas juga merupakan kawah yang berada di gunung Tangkuban Perahu. Tentu kawah ini tidak seperti Kawah Ratu. Masih kurangnya prasarana menunjang untuk bisa sampai kesana, sehingga cukup berbahaya untuk menjadi wisata yang baik.

Kawah Domas adalah kawah ketiga yang ada di Tangkuban Perahu. Kawah ini lebih menarik daripada kawah lainnya. Walau anda dapat mengaksesnya sebelum sampai ke kawah Ratu, dan anda juga dapat turun langsung melihat jarak dekat kawah yang masih aktif ini. Bahkan banyak pengunjung kawah ini mencoba merebus apapun karena memang air panas dan uap panasnya bisa didekati.

Tentang penginapan anda tentu sudah di Bandung jadi tidak akan repot mencari penginapan yang layak dan sesuai dengan keinginan anda. Kapan lagi ke Tangkuban Perahu? Segeralah menikmati keindahannya hanya di Lembang, Bandung. (him, Gambar: Flickeflu)

15666 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

2 Comments

  1. Husnain (Uut) December 7, 2012
  2. admin December 8, 2012

Leave a Reply