Tari Barong Gratis Di GWK

Tari Barong Bali

Hehehe, judulnya mengundang ya.. Pertunjukan Tari Barong di Garuda Wisnu Kencana memang gratis, kok. Tapi tetep ya, masuk GWK bayar Rp. 50.000,- (dewasa per orang wisatawan domestik, Juli 2014).

Nonton tari Barong ini saya juga nggak sengaja. Karena tiba di GWK sekitar pukul 13.00, saya langsung ajak anak buat foto-foto dengan patung Garuda dan patung Wisnu terlebih dahulu. Tak berapa lama, ada pengumuman, bahwa di Amphiteater akan ada pertunjukan tari, ya sudah deh, melipir. Ternyata, jadwal tari Barong di GWK itu jam 14.00 waktu Indonesia Bagian tengah.

Tari di GWK

Anak saya baru pertama lihat tarian Barong. Saat keluar barongnya, langsung ketakutan. Tapi saya bujuk buat tetep nonton sampai tariannya selesai. Saya dekap, dan sesekali dia melirik ke arah panggung.

Tarian ini tidak spektakuler sih, kalau menurut saya biasa saja. Mungkin tarian kecak yang jam 18.00 lebih baik. Itupun masih belum sebagus tarian kecak yang di Uluwatu, yang harga tiketnya lebih mahal, kalau saya baca-baca di review yang ditulis oleh blogger lain.

Mungkin juga karena gratis ya, alias pertunjukan ‘sampingan’ atau ‘tambahan’ dari atraksi utama yang dijual, yaitu patung dewa Wisnu dan Garuda yang menjadi daya tarik GWK.

Poin plus dari kacamata saya, adalah alunan musik yang terdengar tiada henti selama kita di GWK. Gending tradisional Bali adalah pilihan yang tepat, yang mengalun seolah-olah keluar dari bukit-bukit kapur yang dibelah. (Padahal ya dari perangkat musik yang tersebar di dinding-dinding itu.)

Leave a Reply