Tari Saman, Sebuah Harmoni dan Kebersamaan dari NAD

Menyaksikan tari Saman itu nggak ada bosannya. Tarian yang sudah terkenal sampai di manca negara ini, selain indah, juga menampilkan kecepatan dan ketepatan harmonisasi penarinya. Tari Saman berasal dari suku Gayo Lues, merupakan tarian adat biasanya ditampilkan pada saat perayaan kelahiran Nabi Muhammad. Mengandung pesan dakwah, dan nilai-nilai pendidikan seperti sopan santun dan kebersamaan.

Yang menarik, tarian Saman ini tidak memakai alat musik sebagai iringannya, namun tepuk tangan dan suara penarinyalah yang menjadi musiknya. Pemimpin tarian ini disebut dengan Syech. Nyanyian dalam tari Saman dibagi menjadi Rengum, Dering, Redet, Syek dan Saur. Meskipun hanya menari dalam posisi duduk dan tanpa iringan musik, tari Saman mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Tari Saman menjadi salah satu tarian daerah yang paling banyak dibawakan dalam sebuah acara seni tari di Indonesia.

Masing-masing penari dalam Tari Saman memiliki fungsi dan posisinya sendiri. Ada yang berfungsi sebagai titik sentral dan disebut pengangkat, ada yang disebut pengapit, ada pula yang disebut sebagai penyepit, dan ada yang disebut dengan penupang. Yang dominan dalam gerakan tari saman adalah tepukan tangan, bahu dan paha. Namun ada juga gerakan kepala mengangguk dan kepala berputar.

Awal mula terkenalnya tari Saman dari Nangroe Aceh Darussalam ini adalah saat ditampilkan dalam pembukaan Taman Mini Indonesia Indah. Menjadi moment nasional pertama yang menjadikan tarian ini dikenal tak hanya di seluruh negeri, tetapi hingga ke manca negara.

Dengan busana tertutup dari penarinya, menjadikan Tari Saman berbeda dengan tarian tradisional dari daerah lain di Indonesia. Di bagian kepala penari menggunakan hiasan dari kain yang disebut dengan bulung teleng. Baju yang digunakan adalah berwarna dasar hitam dengan sulaman berbagai warna benang, dan celana serta kain sarung. (Gambar: Sabangtourism.asia)

6515 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply