Tempat Tempat Wajib Dikunjungi Di Kairo Mesir

Piramid

Berkunjung ke Mesir belum sah kalau tidak melihat Piramid. Simbol kuburan raja-raja mesir ini memang hanya ada satu di dunia. Kalaupun ada di Las Vegas dan Guang Zhou, itu adalah portofolionya, sebagai bukti dunia mengakui peninggalan sajarah yang diakui oleh UNESCO. Tinggi piramid yang terbesar bisa mencapai 150 meter lebih. Pintu masuk ke dalam piramid berada di tengah dengan tinggi lorong 1 meter. Orang yang ingin masuk ke dalam piramid harus jongkok dan merangkak.

Piramid adalah simbol kejayaan raja-raja Mesir yang dibangun untuk tempat bersemayam sang raja tersebut. Sebab itu, di Mesir banyak terdapat Piramid sesuai dengan jumlah raja yang berkuasa dahulu kala. Kompleks piramid terbesar di Kairo adalah Piramid Giza. Kompleks ini terdiri atas tiga piramid besar dan beberapa piramid kecil, serta satu Spinx besar yang terdapat di bagian depan. Seolah-olah patung spinx tersebut menjaga piramid-piramid yang merupakan makam para Firaun.

Bazar Khan El Kholili / Husein

Di Kairo, bila wisatawan ingin berbelanja dengan harga murah dalam bentuk barang khas Mesir atau Timur Tengah, jangan melewatkan mengunjungi Khan El Kholili. Mahasiswa Indonesia biasa menyebutnya dengan Husein, karena di tengah-tengah lokasi bazar yang begitu luasnya, terdapat sebuah mesjid besar bersejarah, yaitu Masjid Husein.

Khan El Kholili berada di pusat kota, yaitu persis di depan perguruan tinggi terkemuka di Mesir, Al Azhar. Pintu masuk bazar dapat dilalui dari berbagai pintu masuk. Namun, pintu utama yang paling banyak pengunjungnya, terutama turis, dijaga ketat oleh beberapa polisi, dengan senjata lengkap. Lokasi bazar bisa satu kelurahan luasnya. Bila ingin mengelilingi seluruh toko yang ada, satu sampai dua hari belum cukup untuk menjelajahinya.

Suasana bazar sejak pukul 11.00 siang hari hingga pukul 03.00 dini hari tetap ramai dikunjungi para turis. Selain toko souvenir, di sini juga banyak restoran dengan menu beragam. Pedagang aneka makanan dan minuman tradisional khas Mesir juga dapat dijumpai di sini. Bila berkunjung ke bazar ini kita perlu waspada dalam berbelanja karena harga awalnya akan tinggi sekali, tetapi bisa ditawar separuh harga.

Benteng Salahudin Al Ayubi / Castel

Salah satu pemandangan menakjubkan di Kota Kairo adalah Benteng Salahudin Al Ayubi. Di tengah benteng tersebut terdapat sebuah masjid bernama Masjid Muhammad Ali yang berdiri kokoh di atas sebuah bukit. Benteng yang didirikan ratusan tahun lalu ini berada di atas daratan tinggi. Dari kejauhan, terlihat menara-menaranya yang tinggi menjulang dan kubahnya yang megah.

Tiket masuk ke dalam benteng sebesar 50 pounsterling untuk dewasa dan 20 puondsterling untuk anak-anak. Di dalam benteng terdapat museum polisi museum militer, mesjid Muhammad Ali, dan restoran dengan pemandangan kota Kairo dari atas bukit. Di tengah-tengah benteng terdapat taman dengan pepohonan rindang yang indah dan tertata rapi karena disiram air sepanjang hari. Sepintas pohon-pohon ini berupa bonsai yang diukir-ukir daunnya dengan tulisan arab. Tulisan tersebut menunjukkan sebelum dijadikan museum, Masjid Muhammad Ali merupakan tempat ibadah yang sangat berwibawa karena didirikan oleh ulama besar Islam dalam peperangan.

Pada dinding Masjid Muhammad Ali dipenuhi ukiran-ukiran bahasa Arab. Pada bagian dalam masjid kubah dengan cekungan luas dan terdiri atas beberapa bentuk, menempel kaligrafi Arab yang indah dan konon dilapisi emas.

Sungai Nil

Ketenaran sungai Nil bukan hanya legenda. Sungai yang konon mengalir melalui 4 negara ini membelah Kota Kairo dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan mancanegara. Sejak dahulu kala, sepanjang sungai Nil menyebabkan keramaian karena menjadi pusat aktivitas warga Kairo. Hingga saat ini telah berdiri beberapa hotel berbintang, gedung pencakar langit, dan restoran terapung yang menyajikan berbagai atraksi khas Mesir dan tempat wisata andalan di Mesir.

Pemandangan hiruk pikuk yang terang benderang di kiri kanan sepanjang sungai Nil sangat mempesona pada malam hari. Suasana menikmati makan malam di atas kapal pesiar menjadi tujuan utama turis yang datang ke Kairo. Sepanjang sungai, khususnya tepat di alur sungai bercabang dua dengan daratan di tengahnya yang menyerupai pulau, adalah tempat favorit liburan di sungai Nil. Selain lebar, dan kedalaman sungai yang memadai untuk berlayar, pemandangan di sini sangat meriah karena posisi daratan di tengah sungai dipenuhi dengan gedung pencakar langit yang megah. Diantaranya Hotel Grand Hyatt, Hotel Four Season dan Menara Kairo. Setiap penyelenggara hiburan di sungai Nil memiliki berbagai fasilitas, seperti pelabuhan kecil, restoran di pinggir sungai, dan dua kapal pesiar yang siap menghibur tamu. (Andi Fachruddin, Seputar Indonesia 7 Januari 2011)

114 Total Views 4 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *