Tertambat di Pulau Pangabatan, Maumere, Flores

Alam Indonesia bagian Timur memang memiliki ribuan pantai yang indah, salah satunya pantai di Pulau Pangabatan, Nusa Tenggara Timur. Secara geografis, Pulau Pangabatan terletak di Kabupaten Sikka. Menjadi bagian dari gugusan pulau di Laut Flores, Pulau Pangabatan ini bersebelahan dengan Pulau Babi, Pulau Besar, Pulau Permaan, Pulau Dambilah, dan Pulau Pamana Besar. Tidak hanya memiliki pantai pasir putih, Pulau Pangabatan memiliki spot-spot diving yang sangat keren. Tak aneh bila Sea World Club Diving merekomendasikan Pulau Pangabatan ini.

Pulau Pangabatang Maumere

Sumber gambar dari sini.

Untuk mencapai Pulau Pangabatan, sebaiknya Anda bermalam di Maumere dan berangkat pagi-pagi agar memiliki banyak waktu untuk menikmati indahnya alam di sekitar Pulau Pangabatan. Karena termasuk pulau di perairan lepas, sebaiknya Anda membawa bekal makanan yang cukup karena di sana tidak ada restoran atau semacamnya. Dengan menyewa kapal kayu seharga Rp. 500.000,-, Anda bisa mengajak sekitar 15 orang dalam rombongan. Anda akan melihat pemandangan yang laut indah yang indah melewati Teluk Pedang menuju Pulau Pangabatan itu.

Tak sampai satu jam, perjalanan kapal dari Maumere ke Pulau Pangabatan sudah selesai. Sesampai di Pulau Pangabatan, Anda bisa melihat laut landai dengan garis pantai yang panjang. Pantai berpasir putih dilengkapi dengan pohon-pohon rindang di tepian pulau. Sungguh indah. Pulau Pangabatan ini hanya ditinggali oleh beberapa keluarga saja sehingga suasananya memang sepi. Sehingga Anda bisa menikmati alam indah yang hening. Paling-paling suara angin sepoi-sepoi dan suara ombak yang berderai.

Air laut di sekitar Pulau Pangabatan begitu bening. Ketika Anda masuk ke air, Anda bisa melihat ikan-ikan yang berseliweran di sekeliling kaki Anda dengan jelas. Tidak hanya ikan, Anda juga bisa melihat berbagai jenis siput dan kerang yang berada di dasar laut. Pantai berpasir putih terhampar sekitar 100 meter dari Pulau Pangabatan yang hanya memiliki luas sekitar 2 kilometer persegi. Tak ayal karena indahnya pulau ini, turis asal Jerman, Jean Peter, hendak membeli Pulau Pangabatan ini pada tahun 2004. Namun pihak pemerintah menolak keinginannya itu.

Pulau Pangabatan memang surga bagi yang suka snorkeling dan diving. Pemandangan bawah lautnya sangat mempesona. Tidak jarang beberapa kapal pesiar asing mampir ke Pulau Pangabatan.

8539 Total Views 18 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply