Tips Jalan Jalan Dengan Anak Ke Gunung Padang

Saya belom pernah sih, ngajak jalan-jalan anak saya ke tempat yang jauh, ribet dan dalam waktu lama. Palingan ya baru ke Bandung doang nginep beberapa hari, jalan-jalan di dalam kota Jakarta, nginep ke rumah simbahnya di Jakarta Bekasi, atau yang paling jauh ya ngajak anak mudik lewat jalur darat saat libur Lebaran kemarin.

Nah, yang paling seru adalah piknik jalan-jalan sehari ke Cianjur, naik ke Gunung Padang bebera bulan yang lalu. Ngajak bayi berumur satu tahun ke Gunung Padang itu, punya tantangan tersendiri. Nah, saya coba kasih beberapa tips ya buat orang tua yang mau ngajak anaknya jalan-jalan ke Gunung Padang.

Kendaraan harus prima

Saya menyarankan, lebih baik mengikuti jasa tour and travel saja, jika mobil yang anda miliki berjenis sedan. Akses masuknya masih banyak banget lubang dan bakalan nyusahin diri sendiri kalau mobilnya enggak prima. Apalagi bawa anak, haduh, amit-amit deh kalo sampai mogok atau mobil rusak. Jauh dari ‘peradaban’ bo.

Baju nyaman dan no high heels

Ini mau kondangan, apa mau naik gunung? Pakai sepatu keds aja deh. Kasihan otot kaki. Anak-anak juga harus pakai sepatu nyaman karena naik tangganya lumayan menguras keringat.

Satu tujuan saja

Sewaktu saya ke sana, kami menggunakan itinerary yang mainstream: sebelum ke Gunung Padang mampir dulu di bekas stasiun tua Lampegan, setelah itu ke Gunung Padang, dan diharapkan sorenya bisa ke curug apalah lupa namanya. Udah deh, malah nggak bakalan fokus. Saya sih berandai-andai, jika dulu hanya ke Gunung Padang saja, malah lebih gembira karena bisa agak lebih lama eksplorasinya.

Camilan dan pengusir jenuh di perjalanan

Lima jam di atas mobil dengan jalanan yang lumayan buruk itu butuh usaha ekstra supaya mood nggak hilang. Apalagi anak-anak. Kalau mati gaya dan berubah jadi cranky, walah!

Selebihnya, ya dinikmati sajalah. Pemandangannya lumayan seger kok begitu sudah masuk ke jalan yang arah Gunung Padang. Selamat jalan-jalan!

5399 Total Views 9 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply