Tips Jalan Jalan Ke Green Canyon

Beberapa tips yang mungkin berguna bagi teman-teman yang akan jalan-jalan ke Green Canyon seperti ini nih:

Green Canyon

1.    Green Canyon itu lebih baik dikunjungi ketika musim kemarau. Kenapa? Karena teman-teman akan mendapatkan view terbaik dengan warna air yang jernih. Warna air adalah hijau dan arusnya temang. Ketika musim hujan, air berubah menjadi kecoklatan dan agak kurang bagus untuk berfoto-foto. Percayalah!

2.    Jika teman-teman berangkat dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, sangat disarankan agar membawa sopir cadangan. Jangan sampai jarak tempuh yang jauh membuat sopir kelelahan dan mengantuk, yang dapat berakibat fatal bagi perjalanan teman-teman.

3.    Waktu tempuh berkisar 8 hingga 10 jam dari Jakarta, maka sebaiknya teman-teman berangkat pada malam hari dari Jakarta. Selain nanti tiba di Pangandaran saat matahari terbit, jika teman-teman menggunakan kendaraan umum, teman-teman dapat beristirahat (tidur) selama perjalanan. Ketika bangun dan sampai tempat tujuan, badan menjadi bugar.

4.    Untuk penginapan, alangkah lebih baik jika menginap di sekitar Pantai Pangandaran saja. Karena di sana lebih banyak pilihan dan harga yang disediakan lebih bervariasi dari pada di Green Canyon. Sarana pendukungpun juga lebih banyak tersedia. Hindari menggunakan jasa tukang ojek atau tukang becak untuk mencarikan penginapan, karena akan berakibat harga menjadi lebih mahal. Carilah sendiri langsung pada pemilik hotel atau penginapan.

5.    Transportasi menuju Green Canyon dapat dicapai dengan mudah dari terminal Pangandaran. Teman-teman bisa menggunakan angkutan pedesaan jurusan terminal Cijulang dengan ongkos yang relative murah yaitu Rp. 5.000,- Hindari menyewa angkutan umum, karena teman-teman akan dikenai tariff yang mahal. Kecuali jika pergi berombongan.

6.    Biaya sewa perahu di Green Canyon adalah system borongan. Jika datang sendirian, carilah teman yang akan bersama-sama menyewa perahu tersebut. Jangan lupa bernegosiasi masalah harga serta tip tambahan untuk guide yang akan menemani eksplorasi. Hindari antrian perahu yang bisa berjam-jam jika hari libur, datanglah lebih pagi. Hei! Kalau Jumat, hanya buka dari jam 13.30 sampai 16.00 saja lhoh, jadi jangan pagi-pagi ke sana.

7.    Ada yang menarik untuk menjelajah Green Canyon, yaitu body rafting. Tapi, isi perut dulu ya. Siapkan tenaga untuk mengarungi sungai menuju hilir. Siapkan juga pakaian renang. Sebaiknya sudah dipakai, sehingga tak perlu repot berganti baju di lokasi.

8.    Dan tentu, pakaian ganti yang kering wajib hukumnya buat dibawa. Jangan sampai setelah basah kuyup, teman-teman nggak bawa baju ganti.

9.    Sedapat mungkin bawa kamera tahan air (water resist) karena akan berhubungan terus dengan air. Kamera biasa takutnya malah rusak jika kecebur atau terkena air dan basah. Ayo, silahkan jalan-jalan ke Green Canyon setelah baca tips ini.

4886 Total Views 1 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply