Tips Memotret Saat Berwisata

Meski saya bukan fotografer profesional, setiap kali jalan-jalan mengunjungi sebuah objek wisata, tidak lupa saya mencoba menangkap keindahan alam atau objek wisata tersebut. Selain sebagai bukti bahwa saya sudah pernah sampai di sana, foto yang berhasil saya abadikan bisa dibagikan dengan orang lain melalui blog ini. Jadi, tidak hanya saya saja yang bisa menikmatinya.

Nah, seringkali kita merasa, sudah terlalu banyak foto yang kita hasilkan, namun tak banyak yang sesuai dengan keinginan. Kita merasa hasilnya jelek, tidak memuaskan. Tentu saja, selain faktor kamera dan cuaca alam yang mendukung, juga keahlian mengambil gambar diperlukan di sini, tidak hanya sekedar jeprat-jepret saja tanpa maksud yang jelas.

Beberapa tips memotret yang berhasil saya baca dan kumpulkan dari berbagai sumber, baik bacaan di majalah, koran dan online, saya coba tuliskan kembali, semoga bisa berguna bagi yang mau belajar menghasilkan gambar-gambar yang indah selama perjalanan.

Soal kamera, tentu saja harus disesuaikan dengan kebutuhan, apakah perlu kamera saku, SLR, kamera under water, atau bahkan cukup dengan kamera ponsel. Jika jalan-jalan ke objek wisata yang cukup repot menjangkaunya, usahakan untuk membawa lensa seperlunya saja, sehingga tidak akan menjadi beban bawaan yang merepotkan di punggung atau tas kamera kita.

Dari berbagai referensi yang telah kita baca dan pelajari sebelum berangkat berwisata, tentu kita sudah mendapatkan gambaran, objek seperti apa saja yang akan menjadi buruan kita. Jangan sampai kita tidak tahu, spot atau objek yang seperti apa yang ingin kita dapatkan gambarnya di tempat tujuan. Beberapa situs wisata hasil perburuan gambar fotografer lainnya bisa kita jadikan referensi, angle yang seperti apa yang bagus sebagai objek gambar kita nantinya.

Komposisi foto yang bagus, biasanya adalah bentuk-bentuk yang simetri, dengan objek berada di tengah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan, jika kita memang telah bisa mengatur komposisi yang lebih rumit, objek yang tidak simetrispun bisa menghasilkan gambar yang tak kalah bagusnya.

Aplikasi mengedit gambar saat ini memang sudah beragam, bahkan kita dengan mudah dapat menggabungkan beberapa frame foto ke dalam satu gambar, seolah-olah gambar tersebut dari satu jepretan. Maka, tak ada salahnya mengambil gambar sekeliling dari satu titik, untuk mendapatkan gambar yang luas dari sebuah objek.

Mengambil gambar yang bergerak, misalnya dalam perjalanan bus atau kereta, dan mengambil gambar di malam hari adalah tantangan tersendiri. Sedangkan hunting foto pada saat matahari terbit adalah saat yang terbaik untuk mendapatkan hasil gambar dengan warna-warna yang sempurna.

Jangan lupa pastikan bahwa batere kamera dalam keadaan prima. Kondisi suhu yang dingin dapat memperlambat kinerja batere dan membuatnya cepat habis. Dan satu lagi: kartu memori jangan sampai penuh ya…

3890 Total Views 15 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply