Trocadero, Surga Pejalan Kaki di Paris

Jika Jogja punya Jalan Malioboro, Paris pun punya Jalan Trocadero. Bedanya, bila Malioboro menjadi surga para shopaholic, Trocadero menjadi surga para pejalan kaki. Trotoar yang sangat luas, bersih, dan berada di tengah-tengah Kota Paris menjadi daya tarik tersendiri. Kesohoran Trocadero sebagai surganya para pejalan kaki di seluruh Eropa. Lokasinya yang tidak jauh dari Menara Eiffel membuatnya begitu kental dengan kota seni itu.

Trocadero tidak hanya sekedar sebuah jalan besar namun juga menjadi wadah yang bisa merangkum beragam nilai seni dari setiap sudutnya. Bagi yang tertarik dengan seni Eropa, Trocadero menjadi sudut terbaik untuk menikmatinya. Trocadero yang dalam Bahasa Perancis disebut Palais de Chaillot ini tepatnya terletak antara Menara Eiffel dan Sungai Seine. Dulu di sini terdapat desa yang menempati Bukit Chaillot. Nama Trocadero sendiri diambil dari nama sebuah pulau di Teluk Cadiz di selatan Spanyol.

Di Perancis, Trocadero awalnya dikenal sebagai pusat perdagangan. Dalam Perang Trocadero, pasukan Perancis yang dipimpin Duc d’Angouleme membentengi diri dari serangan lawan pada tahun 1823. Saat itu, alun-alun secara resmi dinamakan Place du Trocadero et du 11 Novembre, singkatnya Place du Trocadero. Bukit Chaillot sendiri mulai dibangun pada tahun 1867 ketika diadakan World’s Fair. Trocadero kemudian dijadikan nama sebuah istana yang dijadikan gedung pertemuan bagi para petinggi Kerajaan Perancis.

Istana Trocadero memiliki bentuk seperti ruangan untuk konser besar yang dilengkapi dengan dua sayap dan dua menara. Bangunan istana ini, baik interior dan eksteriornya, bergaya eksotis dan filosofis. Seniman-seniman menyebutnya gaya “moor” dengan sedikit gaya Bizantium. Gabriel Davioud yang menjadi arsitek istana ini terlihat sangat piawai mengolah desain bangunan ini. Di dalam gedung istana itu terdapat organ besar karya Aristide Cavaille-Coll yang sudah berumur sangat tua.

Selain itu, Trocadero juga memiliki akuarium raksasa yang sudah menjadi ciri khas istana ini. Selain banguan istana, arsitekturnya juga sudah mengatur ruang terbuka antara Menara Eiffel dan Sungai Seine dengan beberapa air mancur yang semakin memeriahkan suasana Trocadero. Kini Trocadero dapat dengan mudah dikenali karena terletak di samping pintu masuk Musee d’Orsay yang memiliki dua patung besar badak dan gajah. Kini Trocadero lebih terkenal sebagai surga bagi para pejalan kaki.

6664 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply