Wisata Budaya 2011 Di Pelosok Nusantara #1

Dari titik terjauh di sebelah Barat hingga jengkal tanah dan air terakhir di ujung timur negeri tercinta Nusantara ini, Anda bisa menemukan khasanah kekayaan budaya dan tradisi yang begitu beragam dan kompleks. Hampir di setiap pelosok ada tradisi yang berakar jauh ke masa lalu. Inilah negeri seribu budaya: Indonesia. Saking kaya dan beragamnya, kekayaan tradisi dan kultur di Indonesia tidak akan bisa ditulis dalam satu artikel pendek. Meski demikian, pada edisi kali ini redaksi mencoba menyajikan kilasan agenda peristiwa seni tradisi dan budaya yang telah dan akan berlangsung sepanjang tahun 2011 ini. Agenda ini diharapkan bisa menjadi referensi perjalanan wisata budaya Anda tahun ini.

Visit Banda Aceh Year 2011

Dari serambi Mekah di ujung barat Nusantara, Anda bisa mengeksplorasi kekayaan khasanah budaya Aceh sepanjang tahun bertepatan dengan pelaksanaan Visit Banda Aceh Year 2011, yang sudah diluncurkan pada 28-30 Januari di Taman Sari Aceh, Blang Padang dan Balaikota. Grand Launching Visit Banda Aceh Year 2011 yang bertema Peumulia Jamee Adat Geutanyo (Memuliakan Tamu adalah Adat Kita), dilanjutkan dengan Pawai Budaya yang menampilkan atraksi budaya dan kesenian seperti debus, adat perkawinan dan berbagai macam tarian dan teatrikal.

Pada bulan April ini, bertempat di Krueng Aceh yang dilaksanakan bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Banda Aceh yang ke 806. Festival ini akan diisi Lomba perahu, pementasan kesenian di panggung terapung pementasan kesenian di sepanjang bantaran sungai, lomba tangkap bebek dan sebagainya.

Di bulan Juni dan Juli akan berlangsung dua festival, yakni festival Budaya Islami dan Festival Geulayang Tunang di Ulee Kareung, dan selama ini telah menjadi salah satu agenda tetap kegiatan Pemerintah Kota. Menginjak bulan September, akan ada festival Banda Aceh yang akan diisi beragam atraksi budaya dan seni, antara lain lomba Putroe Bungong se-Aceh, Internasional Rapai atau Perkusi Festival, Pawai Budaya, Banda Aceh Ekspo, Festival tari se Aceh dan Aceh Food Festival.

Sementara itu pada bulan Oktober 2011, akan berlangsung acara menarik berupa festival Kupi di Lapangan Blang Padang. Pada festival ini warga kota mulai dari Gubernur sampai dengan rakyat biasa akan minum kopi bersama. Aceh yang dikenal sebagai satu-satunya provinsi di tanah air yang menerapkan syariat Islam bagi para warganya, juga menjadi daerah pelopor wisata syariat di Indonesia. Pemberlakuan Syariat Islam di Aceh tentunya menjadi nilai tambahan tersendiri, yang tercermin dari adat istiadat dan budaya ke-Islaman masyarakat Aceh.

Trademark Peumulis Jamee (memuliakan tamu) akan menjadi pintu gerbang Aceh dalam menyambut wisatawan dengan tangan terbuka. Masyarakat Aceh diharapkan dapat berpikiran terbuka terhadap berbagai arus budaya yang datang dari luar tanpa menggeser nilai-nilai Islami yang telah melekat dalam diri mereka. Khasanah kebudayaan Islami ini nanti akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada para wisatawan sekaligus memberikan kenangan tersendiri kepada mereka tentang nilai dan syariah keislaman di bumi serambi Mekkah.

Kemilau Sumatera 2011

Selain Visit Banda Aceh 2011, kota ini juga akan menjadi tuan rumah perhelatan nasional Kemilau Sumatera 2011. Kemilau Sumatera  2011 merupakan salah satu pameran industri pariwisata RI dengan melibatkan 10 provinsi di Sumatera, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Lampung. Kamilau Sumatera 2011 direncanakan akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari pada tanggal 8-10 Juli 2011 di Banda Aceh, dengan melibatkan seluruh Pemerintah Kabupaten / Kota se- Aceh dan 9 (sembilan) Provinsi di Sumatera, dan keterlibatan stakeholder penting lainnya yang bergerak di sektor industri pariwisata.

Selama pameran Kemilau Sumatera 2011 di Aceh akan ditampilkan berbagai perkembangan industri pariwisata di 10 provinsi se-Sumatera dan atraksi budaya yang menarik, khususnya dari Aceh dan provinsi lainnya, meliputi pertunjukan kesenian daerah, karnaval budaya pengantin, dan fashion busana muslim. –Bersambung– *(Sumber: Majalah Men’s Obsession April 2011)

5426 Total Views 12 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

One Response

  1. Ferizka Harviany January 27, 2013

Leave a Reply